Dick Tamimi: Sosok di Balik Band Dara Puspita yang Pernah Dituduh Menyelundupkan Emas

Dick Tamimi: Sosok di Balik Band Dara Puspita yang Pernah Dituduh Menyelundupkan Emas
Dick Tamimi mendirikan Mesra Records setelah pensiun dari TNI AU. (Supplied)

Ia adalah seorang produser radio, seorang aktivis politik bawah tanah, seorang tersangka penyelundup emas, seorang instruktur penerbangan dan produser dari salah satu band paling berpengaruh di Indonesia.

Mohammad Sidik Tamimi, juga dikenal sebagai Dick Tamimi, adalah salah satu karakter paling berwarna di Indonesia dan kisah hidupnya terkait dengan sejarah tanah air.

Namun nama dan kisahnya tak banyak diketahui orang.

Dan ini yang membuat musisi dan produser seni Julien Poulson ingin menceritakan kisahnya.

Ahli etnomusikologi ini menemukan beberapa cerita Dick saat membolak-balik peti vinil tua di pasar loak di Surabaya, Indonesia.

Ia menemukan rekaman Dara Puspita, band rock perempuan pertama di Indonesia yang populer pada tahun 1960an. Dick Tamimi adalah produser mereka pada periode itu.

"Yang membuat saya terpesona tentang Dara Puspita adalah mereka menulis lagu yang nyeleneh dalam sesi rekaman berjudul Surabaya, yang diberi nama sesuai kampung halaman mereka… dan menjadi hit," kata Julien.

"Kalau Anda naik kereta ke Surabaya hari ini, Anda akan mendengarnya saat pemberitahuan publik, diputar saat kereta tiba.

Ia adalah seorang produser radio, seorang aktivis politik bawah tanah, seorang tersangka penyelundup emas, seorang instruktur penerbangan dan produser dari salah satu band paling berpengaruh di Indonesia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News