Dicky Budiman: Dampak Varian Omicron pada Berbagai Sektor Akan Mengurangi Jumlah SDM

Dicky Budiman: Dampak Varian Omicron pada Berbagai Sektor Akan Mengurangi Jumlah SDM
Ahli epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman dalam program Bincol JPNN.com. Foto: YouTube/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ahli Epidemiologi dari Griffith University Dicky Budiman memprediksi kenaikan kasus Omicron di Indonesia akan berdampak pada banyak sektor.

Menurut dia, kasus Omicron mudah terjadi pada pekerja esensial, seperti tenaga kesehatan (nakes).

"Ini (Omicron,red) akan mengurangi jumlah SDM yang bisa bekerja karena mereka (nakes) lebih aware kondisi tubuh dan tahu status mereka misalnya dalam kasus kontak atau positif, sehingga mereka banyak nanti yang menjalani isolasi karantina," kata Dicky kepada JPNN.com, Senin (17/1).

Tak hanya nakes, Dicky juga menyoroti potensi kasus Omicron yang bisa terjadi pada tenaga pelayanan publik lainnya, yang berkaitan dengan ekonomi.

Sumber daya manusia (SDM) yang banyak terpapar Omicron di berbagai negara telah mengganggu keseimbangan ekonomi, salah satunya ialah Australia yang menjadi tempat Dicky tinggal saat ini.

"Pekerja-pekerja di mall atau penjual dan distributor makanan berkurang. Nah, ini yang terjadi di hampir semua negara yang akhirnya membuat kolaps, seperti yang saya rasakan di sini, di Australia. Stok makanan berkurang, untuk testing pun sekarang sulit," papar alumnus Universitas Padjajaran itu.

Saat ini, lanjut dia testing sulit dilakukan di Australia karena banyak tenaga kesehatan yang sakit akibat kontak erat dengan pasien Covid-19.

Dia menekankan hal ini menunjukkan varian Omicron memang tidak menyebabkan gejala berat, tetapi berdampak luas bagi kesehatan masyarakat dan sektor-sektor lainnya.(mcr9/jpnn)

Ahli Epidemiologi dari Griffith University Dicky Budiman memprediksi kenaikan kasus Omicron di Indonesia akan berdampak pada berbagai sektor.


Redaktur : Yessy
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News