Didesak soal Perlindungan Minoritas, Anies Beberkan Rekam Jejaknya Bantu Gereja di Jakarta

Didesak soal Perlindungan Minoritas, Anies Beberkan Rekam Jejaknya Bantu Gereja di Jakarta
Capres RI Anies Baswedan dalam acara Desak Anies di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (23/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, PURWOKERTO - Calon Presiden nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menghadiri acara Desak Anies di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu (24/1)

Menjawab pertanyaan peserta bernama Antonius tentang tentang perlindungan terhadap minoritas dan kebinekaan, Anies mengungkapkan rekam jejaknya yang melindungi semua agama di Jakarta secara setara dan adil.

Termasuk rekam jejak mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) beberapa gereja di Jakarta yang puluhan tahun tidak mendapatkan izin.

“Kita bersyukur sekali negeri ini bineka. Bineka itu adalah karunia Tuhan. Negeri ini juga tunggal. Kita menjadi satu, menjadi Indonesia. Menyatu, persatuan itu hasil usaha kita. Kalau bhinnekanya itu karunia Tuhan. Tetapi kita bersatu atau tidak bersatu, itu usaha kita sendiri,” kata Anies.

Anies pun menyampaikan langkah-langkah merawat persatuan yang dilakukannya di Jakarta.

“Ketika di Jakarta, kami memimpin Jakarta dengan prinsip kesetaraan. Prinsip keadilan. Semua mendapatkan kesempatan yang sama. Agama apa pun juga. Supaya dapat hak yang sama,” kata Anies.

Contohnya, ujar dia, adalah pembangunan gereja bagi umat Katolik di Jakarta.

“Ada beberapa gereja di sana yang sudah hampir 40 tahun IMB (izin mendirikan bangunan)-nya tidak keluar. Diurus tidak pernah selesai dan tidak ada gubernur yang mau menyelesaikannya. Alhamdulillah di periode kami persoalan itu tuntas selesai dan IMB-nya keluar. Itu boleh dicek di Gereja Katolik di Jakarta. Apa prinsipnya? Prinsip kesetaraan,” ujar Anies.

Anies Baswedan pun menyampaikan langkah-langkah merawat persatuan yang dilakukannya di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News