Diduga Ambruk Karena Kelalaian

Jumlah Korban Tewas Terus Bertambah

Diduga Ambruk Karena Kelalaian
Diduga Ambruk Karena Kelalaian
JAKARTA—Ambruknya jembatan Kutai Kertanegara, diduga penyebab utamanya adalah kelalaian.  Meski terhitung masih muda, yakni 11 tahun dari perkiraan kekuataan 100 tahun sebuah jembatan, namun jembatan yang melintasi sungai Mahakam ini sudah beberapa kali mengalami perbaikan. Bahkan saat kejadian, Sabtu (26/11),  sedang dilakukan perbaikan jembatan tanpa menutup jalur lalu lintas yang ada.

‘’Karena terlihat pondasinya sendiri masih utuh, sementara kami menduga penyebabnya karena perawatan jembatan yang tidak sesuai prosedur. Terutama terhadap pilar-pilar penghubung jembatan,’’ kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU, Djoko Murjanto di Jakarta.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) DR Sutopo Purwo Nugroho, membenarkan perihal terjadinya penurunan status kekuatan kontruksi  jembatan karena beban kendaraan.

‘’Untuk mengetahui kepastian penyebab runtuhnya jembatan BNPB telah meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk melakukan audit teknologi pada jembatan tersebut segera,’’ jelas Sutopo dalam keterangan persnya.

JAKARTA—Ambruknya jembatan Kutai Kertanegara, diduga penyebab utamanya adalah kelalaian.  Meski terhitung masih muda, yakni 11 tahun dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News