Jumat, 19 Juli 2019 – 08:41 WIB

Diet Karbohidrat Bisa Sebabkan Kematian Dini

Selasa, 19 Maret 2013 – 15:55 WIB
Diet Karbohidrat Bisa Sebabkan Kematian Dini - JPNN.COM

BAGI anda penyuka diet rendah karbohidrat, maka berhati-hatilah. Karena berdasarkan 18 penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa diet rendah karbohidrat meningkatkan resiko kematian dini.

Ahli gizi dari University of Canberra Profesor Peter Williams, menguraikan risiko diet rendah karbohidrat di sebuah simposioum di sydney.

"Dalam jangka pendek, satu tahun atau lebih, ada beberapa keuntungan dari diet rendah karbohidrat, tinggi protein," katanya dilansir dari News Limited Network, Senin (18/3).

Namun ia mengatakan studi baru ini menemukan efek jangka panjang dari diet, yakni 30 persen diet rendah karbohidrat justru menyebabkan kematian dini. Meski tidak menemukan alasan yang jelas, namun ia menemukan bukti bahwa biji-bijian dan serat bila dibatasi justru bisa menyebabkan kanker usus, penyakit jantung dan diabetes.

"Ketika Anda mulai membatasi karbohidrat seperti roti, sereal dan buah, maka anda kehilangan banyak hal baik yang melindungi tubuh anda" katanya.

Sekitar 45 persen makanan penduduk Australia mengandung karbohidrat. Organisasi kesehatan nasional Australia merekomendasikan konsumsi makanan seseorang dalam satu hari, harus mengandung antara 45 sampai 65 persen karbohidrat. Sementara bagi mereka yang melakukan diet, biasanya justru mengurangi 40 persen asupan karbohidrat.

Profesor Williams mengatakan bahwa di Jepang, penduduknya rata-rata memiliki usia yang panjang. Rahasianya karena mereka mengkonsumsi 60 persen karbohidrat.(fny/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar