JPNN.com

Diet untuk Mengalahkan Masalah Asam Urat

Selasa, 13 Oktober 2015 – 18:32 WIB Diet untuk Mengalahkan Masalah Asam Urat - JPNN.com

Asam urat merupakan penyakit yang bisa menyerang setiap orang, umumnya bagi orang yang berusia 40 tahun ke atas bagi pria dan bagi wanita biasanya setelah terjadi masa menopause.

Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian tubuh, biasanya sendi jari tangan, tumit, jari kaki, siku, dengkul dan pergelangan tangan. Rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan akibat asam urat ini sangat hebat. Bahkan penyakit ini bisa membuat bagian-bagian tubuh yang terserang mengalami pembengkakan dan peradangan.

Asam urat merupakan manifestasi dari metabolisme zat purin yang terbentuk seperti kristal-kristal. Kita bisa menemukan zat purin tersebut di dalam makanan yang kita makan baik berasal dari makhluk hidup maupun tumbuh-tumbuhan. Jadi jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin, maka zat purin inilah yang nantinya berpindah ke dalam tubuh.

“Jika Anda bisa mengatasi asam urat maka Anda mungkin bisa mengatasi tekanan darah," kata profesor pediatri-ginjal Dr. Daniel Feig, seperti dilansir laman India Times, Senin (12/10).

MayoClinic.com juga melaporkan bahwa asam urat tinggi sering merupakan prekursor untuk tekanan darah tinggi.

1. Gejala asam urat

· Sakit luar biasa di kaki atau jempol kaki.

· Kesulitan berjalan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...