Digitalisasi Jadi Solusi Masalah Penjualan Produk UMKM 

Digitalisasi Jadi Solusi Masalah Penjualan Produk UMKM 
Pekan literasi digital di Kabupaten Ende diikuti ribuan masyarakat. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 1.000 masyarakat di Kabupaten Ende mengikuti pekan literasi digital. Kegiatan yang merupakan kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi ini diselenggarakan pada 9 Mei.

Pekan Literasi Digital Kabupaten Ende dibuka pelaksana tugas atau Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ende Supriyanto. Dia menyampaikan bahwa tantangan masyarakat modern saat ini adalah penggunaan internet yang tidak terkontrol.

Sebab, di saat bersamaan dengan tumbuh besarnya penggunaan teknologi digital, juga membuka ruang penyalahgunaan teknologi dan komunikasi serta internet.

“Oleh karena itu, pemerintah harus berkolaborasi dengan masyarakat untuk membekali dan memberitahukan etika serta nilai-nilai kebenaran tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya, juga diperlukannya kampanye untuk menghilangkan kebiasaan negatif dari pengaruh penyebaran informasi yang bersifat pribadi di media sosial,” tutur Supriyanto dalam pernyataan resminya dikutip Jumat (12/5).

Pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores Laurentius D. Gadi Djou menjelaskan tentang pentingnya literasi digital untuk mendukung transformasi digital dari sudut pandang akademisi.

Masyarakat Indonesia telah berada pada era digital yang membuat pergeseran pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam mengakses dan mendistribusikan informasi.

“Dengan adanya digitalisasi akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari berbagai hal yang sebelumnya membutuhkan waktu lebih untuk bisa mendapatkannya," jelas Laurentius.

Masyarakat juga akan jadi lebih mudah dalam mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital yang dapat menawarkan inovasi dari fitur-fitur pada medium komunikasi yang makin interaktif.

Digitalisasi jadi solusi mengatasi masalah penjualan produk UMKM sekaligus memberikan keuntungan. Hal ini dibahas pada Pekan Literasi Digital di Ende.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News