JPNN.com

Dihadiri Jutaan Umat Muslim, Semoga Haul Guru Sekumpul Berlangsung Sukses

Minggu, 10 Maret 2019 – 00:44 WIB Dihadiri Jutaan Umat Muslim, Semoga Haul Guru Sekumpul Berlangsung Sukses - JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Polda Kalimantan Selatan memantapkan pola pengamanan rangkaian Haul ke-14 Guru Sekumpul dengan cara melaksanakan apel gelar pasukan, bersama instansi terkait dan relawan.

Bertempat di Lapangan Mako Brimobda Kalsel, Jumat (8/3), upacara pemantapan pasukan pengaman haul ulama bernama lengkap KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani itu dipimpin langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani.

Pada kesempatan itu, perwira tinggi Polri lulusan Akpol 1988 tersebut menyampaikan, satu juta lebih umat Muslim dari berbagai penjuru daerah akan menghadiri Haul Guru Sekumpul. Untuk itu, harus ada keterlibatan petugas guna memastikan kegiatan berjalan dengan baik.

"Kita melibatkan personel dalam skala besar, tidak hanya anggota di wilayah Polres Banjar. Tapi juga dibantu dari Polda Kalsel dan satuan TNI," katanya.

Dia mengungkapkan, total petugas yang dihimpun untuk mengamankan haul yang digelar di Sekumpul, Martapura itu sebanyak 21.763 orang. Dengan rincian, 573 personel Polres Banjar, 420 anggota Polda Kalsel, 115 dari Polresta Banjarmasin, 95 personel Polres Banjarbaru, 70 anggota Polres Batola, 45 orang dari Polres Tanah Laut dan 30 anggota Polres Tapin.

"Adapula dari Kodim 1006/Martapura 400 personel, Satpol PP dan Damkar 550 orang. Lalu, Dishub 150 orang, Dinkes 1.100 orang, PLN 170 orang, BPBD 25 orang, anggota Senkom 20 orang dan relawan 18 ribu orang," ungkapnya.

Lanjutnya, puluhan ribu petugas yang terhimpun itu akan dibagi ke sejumlah titik. Seperti, jalur, rute, area haul dan kantong-kantong parkir. "Haul Guru Sekumpul merupakan bagian dari wisata religi, petugas harus memastikan kegiatan itu terselenggara dengan tertib, aman dan lancar," ucapnya.

Pengamanan sendiri dimulai pada H-1 sampai H+1 puncak haul, atau sejak Sabtu (9/3) sampai Senin (11/3). "Diharapkan seluruh personel TNI, Polri dan semua yang terlibat dapat saling mendukung dan berkoordinasi demi kelancaran kegiatan akbar ini," harap Kapolda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...