Dijuluki Abah Online, Anies Bicara Peran Sentral Ayah dalam Keluarga

Dijuluki Abah Online, Anies Bicara Peran Sentral Ayah dalam Keluarga
Capres RI Anies Baswedan di acara Desak Anies di Sumbar, Rabu (3/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, PADANG - Anies Baswedan kini sedang menjadi perbincangan di jagat maya lantaran capres nomor urut 1 tersebut belakangan sering melakukan live di TikTok.

Gaya Anies dalam menyapa masyarakat terbilang unik, Anies kerap memberikan wejangan kehidupan layaknya seorang ayah yang memberi nasihat bijak kepada anaknya. Anies pun dijuluki sebagai 'Abah Online’.

Anjes mengaku tidak menyangka akan mendapat julukan tersebut. Anies menjelaskan peran sentral sosok ayah di dalam keluarga. Menurutnya, mengasuh dan mendidik anak adalah tugas dan tanggung jawab ibu dan ayah.

"Saya panggil ayah saya abah, anak saya juga panggil saya abah, dan saya tidak mengira saya dipanggil abah di mana-mana. Gini, ayah dan ibu punya peran yang besar dalam pendidikan anak dan dalam keluarga keduanya memiliki peran untuk mendidik," kata Anies dalam acara Desak Anies di Lapangan Cindua Mato, Sumatera Barat, Rabu (3/1).

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menceritakan, kala keempat anak-anaknya masih kecil, dia dan istri Fery Farhati kerap berbagi tugas dalam mengasuh anaknya.

"Ketika anak-anak kami masih kecil saya juga menggantikan popok, saya juga menyuapi, saya juga, memandikan. Bahkan, sekarang saya berani balapan ganti popok dengan anak-anak, karena itulah yang kami kerjakan bersama-sama saling membagi tugas," ujarnya.

Dia mengatakan, peran ayah juga dibutuhkan di dalam pendidikan formal. Ketika orang tua dibutuhkan di sekolah, maka ibu dan ayah harus hadir bertemu wali kelas dan guru yang mengajar anak-anaknya di sekolah.

Baginya, pendidikan pertama dan terpenting bagi seorang anak adalah pendidikan dari ibu dan ayah.

Gaya Anies dalam menyapa masyarakat terbilang unik, Anies kerap memberikan wejangan kehidupan layaknya seorang ayah yang memberi nasihat bijak kepada anaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News