Dikejar TNI-Polri di Hutan Berbukit, KKSB Melakukan Tembakan

Dikejar TNI-Polri di Hutan Berbukit, KKSB Melakukan Tembakan
Kondisi permukiman warga di Desa Kimbeli Distrik Tembagapura, Mimika Papua, yang dekat sungai dan gunung. Foto: DOK/RADAR TIMIKA

jpnn.com, MIMIKA - Anggota kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) melakukan tembakan ke arah Satgas Terpadu TNI-Polri yang mengejar mereka, kemarin (22/11).

Penembakan itu terjadi di mile 59 dan mile 60 Tembagapura. Dalam penembakan itu juga tidak ada kerugian materil yang terjadi.

”Namun beruntung tidak ada korban dari petugas. TNI dan Polri masih mengejar mereka terus ya,” terang Kabidhumas Polda Papua Kombespol A.M. Kamal kepada Jawa Pos kemarin (22/11).

Jumlah anggota KKSB yang dikejar sekitar 30 orang. Menurutnya, kondisi alam berupa hutan berbukit menjadi salah satu tantangan dalam mengejar 30 anggota KKSB tersebut.

Namun, tentunya semua itu bisa dihadapi. ”Medannya memang berat,” ungkapnya.

Sementara Juru Bicara Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TNPPB) Sebby Sambom menuturkan bahwa pihaknya bukan merupakan KKSB, namun menamakan diri TNPPB. ”Tidak ada KKSB itu,” paparnya pada Jawa Pos kemarin.

Strategi yang diterapkan TNPPB dalam perlawanan itu adalah dengan menembak sesuai dengan jumlah tembakan TNI –Polri.

”Kalau mereka menembak lima kali, kami tembak lima kali. Kalau menembak dua kali, kami tembak mereka dua kali. Amunisi kami terbatas,” ujarnya.

Jumlah anggota KKSB yang dikejar sekitar 30 orang. Kondisi alam berupa hutan berbukit menjadi salah satu tantangan upaya pengejaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News