Dikritik AS, Ini Tanggapan Kepala Basarnas

Dikritik AS, Ini Tanggapan Kepala Basarnas
Evakuasi jenazah korban AirAsia. Foto: Kalteng Pos/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dalam proses evakuasi jenazah korban AirAsia QZ8501, Basarnas mendapat kritikan pedas dari pihak Amerika Serikat yang turut membantu evakuasi.

 Kritikan tersebut ditujukan pada proses pemindahan jenazah yang telah ditemukan. AS mengatakan, pemindahan jenazah oleh Basarnas tidak steril.

Saat dikonfirmasi atas kritikan tersebut, Kepala Basarnas FHB Soelistyo menanggapinya dengan santai. "Kata siapa? Kita steril kok," ujarnya.

Soelistyo memastikan, pemindahan jenazah yang dilakukan pihaknya dapat dijamin kesterilannya. Buktinya, para petugas selalu menggunakan pakaian khusus dan sarung tangan khusus.

"Selain itu, kita juga ada cold storage. Kalau menurut saya sudah memenuhi standard," tuturnya.

Hingga kemarin, baru 37 jenazah yang telah berhasil dievakuasi. Tiga jenazah diantaranya ditemukan kemarin. Selain jenazah, tim SAR juga berhasil menemukan kursi penumpang pesawat AirAsia QZ8501 itu. Kursi tersebut ditemukan oleh helikopter milik AS. (mia/gun/ken)

 


JAKARTA - Dalam proses evakuasi jenazah korban AirAsia QZ8501, Basarnas mendapat kritikan pedas dari pihak Amerika Serikat yang turut membantu evakuasi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News