Diminta Usut Banggar, KPK Dituding Menghindar

Agar Anggaran KPK Tidak Dipangkas

Diminta Usut Banggar, KPK Dituding Menghindar
Diminta Usut Banggar, KPK Dituding Menghindar
JAKARTA - Koordinator Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi, menuding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak berani membongkar praktik mafia anggaran di Badan Anggaran (Banggar) DPR. Ucok menduga KPK khawatir anggarannya bakal dipotong jika sampai membongkar praktik mafia anggaran di Banggar.

“Masyarakat tentunya banyak yang bertanya mengapa KPK sampai saat ini meskipun sudah kerap disebut-sebut sebagai bagian dari mafia anggaran, namun belum ada satupun anggota atau pimpinan Banggar yang diperiksa? Saya coba menganalisa, yaitu karena KPK anggarannya sangat tergantung pada Banggar. Makanya KPK tidak berani menyikat Banggar, kalau (Banggar) disikat, bisa disikat juga anggaran KPK itu nanti,” ujar Uchok, di Jakarta, Senin (5/9).

Selain itu, lanjutnya, para kader partai di Banggar DPR juga difungsikan sebagai "mesin" pencari uang bagi partai dengan cara mengakali APBN. Dengan demikian, jika KPK menyikat Banggar maka sama saja hal itu akan berpengaruh pada KPK.

“Pihak KPK utamanya jajaran birokrasinya, tentu tidak ingin calon-calon pimpinan KPK yang notabene pimpinan mereka tidak mau proses pemilihannya terganggu karena KPK menyidik anggota-anggota DPR. Utamanya dari Banggar yang biasanya juga bagian dari mesin uang partai,” tegasnya.

JAKARTA - Koordinator Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Uchok Sky Khadafi, menuding Komisi Pemberantasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News