Din Syamsuddin Bicara Koalisi Keumatan di Acara PAN

Din Syamsuddin Bicara Koalisi Keumatan di Acara PAN
Din Syamsuddin memberikan sambuat dalam acara buka bersama DPP PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: M. Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin merespons mengenai koalisi keumatan, dalam acara buka bersama DPP PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (9/6).

Kegiatan yang diikuti pimpinan DPW PAN se-Indonesia, dihadiri Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, mantan Ketum PAN Hatta Rajasa, Ketua MPP PAN Soetrisno Bachir, Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama.

Din mengaku sudah mengingatkan Presiden Joko Widodo soal tindakan afirmatif dalam mengatasi kesenjangan di berbagai bidang.

"Karena kalau kesenjangan apalagi di bidang ekonomi, termasuk juga politik, dan sebagaimana saya katakan tadi, posisi tadi, terkurung, tertekan dan tertuduh, maka ini tidak baik buat semua," ucap Din.

Karena itu, Din melanjutkan, semua kembali pada umat Islam. Bagaimana caranya persatuan dan kesatuan umat lebih dikokohkan lagi.

"Pak Amien Rais menggagas dari Tanah Suci Koalisi Keumatan dalam bidang pilitik. Kemarin Pak Jusuf Kalla di rapat pleno dewan pertimbangan MUI juga mengusulkan koalisi keumatan dalam bidang ekonomi," ucap mantan ketua umum PP Muhammadiyah ini.

Din yang kini menjabat ketua dewan pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), berharap ada koalisi-koalisi keumatan di bidang lain. Termasuk sosial dan budaya.

"Atau koalisi dalam arti yang seluas-luasnya yang bertujuan memperkuat infrastruktur kebudayaan ummat Islam," tambahnya. (fat/jpnn)


Din Syamsuddin berharap ada koalisi keumatan lain, tidak saja di bindang politik dan ekonomi.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News