Din Syamsuddin: Seperti Rumah Tangga Besar

Din Syamsuddin: Seperti Rumah Tangga Besar
Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsuddin bersama Wakil Ketua DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Romo Frans Magnis Suseno dan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menjadi pembicara pada refleksi akhir tahun 2016 yang mengangkat thema "Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia". Foto: Ken Girsang/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsuddin mengajak semua pihak menyadari bahwa kemajemukan yang menjadi ciri khas Indonesia selama ini menghadapi tantangan.

Karena itu harus segera dicari jalan keluar terbaik, sehingga keutuhan NKRI dapat terus terpelihara.

"Tidak ada jalan lain selain berdialog. Mari sesama anak bangsa, duduk bersama, kita berdialog membahas masalah bersama. Saya berkeyakinan, dengan ketulusan berdialog mencari solusi dan jalan keluar, permasalahan yang ada dapat ditangani," ujar Din pada refleksi akhir tahun 2016 'Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia' yang digelar di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (29/12).

Acara digelar Panitia Bersama DPP Projo, Ikatan Sarjana Katolik Indonesia, Jaringan Duta Joko Widodo dan sejumlah lembaga lainnya.

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini optimistis, dengan dialog yang baik, maka masalah-masalah terkait fundalmentalisme, prulalisme, ekstrimisme yang ada, bisa dihadapi bersama.

"Asalkan lingkaran besar ini, baik itu Islam, Kristen, Katolik dan berbagai suku bangsa betul-betul berkeinginan menyelesaikan masalah," ucap Din.

Menurut Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini, sangat beralasan akhir-akhir ini disebut ada ancaman radikalisme, fundalmentalisme dan eksterimisme yang mengancam keutuhan NKRI.

Namun demikian, Din mengajak semua pihak untuk tidak berlebihan menyikapinya. Karena lingkaran masyarakat Indonesia yang moderat, tidak radikal, jauh lebih besar.

JPNN.com - Ketua Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM) Din Syamsuddin mengajak semua pihak menyadari bahwa kemajemukan yang menjadi ciri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News