Dinasti Politik Mulai Bermunculan di 2014

Dinasti Politik Mulai Bermunculan di 2014
Dinasti Politik Mulai Bermunculan di 2014
JAKARTA --Wajah DPR RI periode berikut tidak akan banyak berubah. Dilihat dari komposisi daftar caleg sementara (DCS) yang sudah masuk ke KPU, 90 persen masih didominasi  muka lama yang maju kembali.  Kualitas parlemen 2014–2019 pun bakal tidak lebih baik dari periode sebelumnya.

“Ya fakta di DCS hari ini sudah sangat jelas, bahwa 90 persen lebih anggota dewan yang saat ini menjabat maju lagi, meskipun dari dapil yang berbeda. Artinya, bisa prediksi, kendali DPR tetap dipegang oleh muka-muka lama,” ujar Pengamat Politik Point Indonesia Karel Harto Susetyo kepada INDOPOS (Grup JPNN), Jumat ( 25/4).

Selain itu, mayoritas bakal calon anggota legislatif  juga masih didominasi dari kalangan pengusaha yang non partai maupun kader partai. Meskipun, di DCS kali ini banyak artis, tapi untuk Pemilu 2014 masyarakat akan lebih rasional dalam memilih calonnya. 

“Penguasaha tetap jadi incaran parpol, selain amunisi atau gizinya, keberadaan mereka juga memungkinkan untuk pendanaan parpol. Kondisi seperti ini pasti akan menuai pola simbiosis mutualisme dari politik ke arah eknomi. Dan ini sangat buruk untuk demokrasi,” tegasnya.

JAKARTA --Wajah DPR RI periode berikut tidak akan banyak berubah. Dilihat dari komposisi daftar caleg sementara (DCS) yang sudah masuk ke KPU, 90

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News