Dinkes DKI Siapkan RS Rujukan Khusus untuk Gagal Ginjal Akut, Ada di Lokasi Ini

Dinkes DKI Siapkan RS Rujukan Khusus untuk Gagal Ginjal Akut, Ada di Lokasi Ini
Dinas Kesehatan Provinsi DKI menyebutkan kasus gagal ginjal akut di Indonesia mengalami kenaikan signifikan pada Agustus 2022. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rumah sakit (RS) rujukan untuk kasus gagal ginjal akut misterius, terutama pada anak.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebutkan untuk menghadapi kasus ini sebenarnya dibutuhkan ruang intensif untuk anak.

Dia menilai ruang untuk perawatan anak di RS masih sangat kurang karena RS di DKI tak hanya merawat pasien dari Jakarta, tetapi juga dari luar daerah.

“Mengandalkan RS vertikal saja tentu enggak cukup, sehingga kami tahu juga secara SDM dokter anak ahli ginjal itu masih terbatas, bahkan kalau dihitung masih ada tiga di Jakarta, dibandingkan kasus bertambah,” ucap Widya saat dihubungi, Kamis (27/10).

Untuk itu, pihaknya mesti berupaya untuk mengantisipasi salah satunya dengan menyiapkan tempat khusus perawatan anak.

“Sehingga langkah yang dilakukan dinkes adalah pertama menyiapkan RS rujukan yang berasal dari Pemprov,” kata dia.

Saat ini, ada dua RS rujukan, yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Bunda Harapan Kita.

“Kami siapkan RS daerah tipe A dan B di DKI, yakni Tarakan, Pasar Minggu, Pasar Rebo, Koja untuk jadi pendampingan melakukan perawatan,” tuturnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan rumah sakit (RS) rujukan untuk kasus gagal ginjal akut misterius terutama pada anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News