Dipecat dari Kabinet, Ternyata Sering Menghina Trump

Dipecat dari Kabinet, Ternyata Sering Menghina Trump
Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dipecat oleh Presiden AS Donald Trump. Ia merasa kecewa dengan sikap Trump (Reuters)

jpnn.com, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melakukan reshuffle kabinet, Selasa (13/3). Dia memecat Rex Tillerson dari jabatan menteri luar negeri dan menunjuk Direktur CIA Mike Pompeo sebagai pengganti.

Pengumuman ini disampaikan oleh Trump melalui cuitannya di Twitter. Ini mengejutkan publik sebab pemecatan politisi 65 tahun ini dilakukan menjelang pertemuan AS dengan Korea Utara (Korut).

"Dia cukup baik, tapi ada hal-hal yang tidak bisa disepakati," kata Trump dilansir Reuters, Rabu (14/3).

"Misalnya saja tentang kesepakatan Iran, Saya ingin melakukan sesuatu tapi dia berbeda," tambahnya.

Ketegangan antar keduanya memuncak pada musim gugur lalu. Ada laporan bahwa Tillerson pernah menyebut Trump sebagai 'orang bodoh' dan lebih baik mengundurkan diri. Tillerson tak pernah menyangkal omongan tersebut.

Para kritikus cemas dengan keputusan merombak kabinet di saat akan ada pertemuan dan konflik yang menegang akhir-akhir ini.

Mereka khawatir, jika Pompeo terpilih, dia akan mendorong Trump untuk membatalkan kesepakatan nuklir Iran 2015 dan bersikap agresif terhadap Korut.

Di tempat lain, Tillerson yang terlihat emosional ogah banyak komentar soal pemecatan dirinya. Dengan tegas dia menolak mengucapkan terima kasih kepada Trump ataupun memujinya. (iml/trz/JPC)


Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melakukan reshuffle kabinet, Selasa (13/3). Dia memecat Rex Tillerson dari jabatan menteri luar negeri


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News