Diperiksa, Bupati Lebak Terima Kasih ke KPK

Diperiksa, Bupati Lebak Terima Kasih ke KPK
Bupati Kabupaten Lebak Iti Octavia Jayabaya saat diwawancarai wartawan di lobi Gedung KPK, Jalan Rasuna Sahid, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/2). Iti menjadi saksi Tindak Pidana Korupsi (TPK) Suap terkait penanganan perkara Pilkada di MK. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA -- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Iti  yang tiba sekitar pukul 13.20 WIB diperiksa sebagai saksi untuk Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, tersangka kasus dugaan suap penanganan sengketa Pemilihan Kepala Daerah Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Diperiksa untuk tersangka Bu Atut, kasus Pilkada Lebak," kata Iti di KPK, Jakarta, Rabu (19/2).

Didampingi ajudannya, Iti menyampaikan rasa terima kasih kepada lembaga yang dipimpin Abraham Samad itu. "Saya berterima kasih kepada KPK bahwa hari ini saya sudah dilantik sebagai bupati karena pengungkapan kasus suap di MK," ujarnya.

Iti yang mengenakan jilbab hitam ditanya mengenai dugaan penerimaan mobil anggota DPRD Banten. Mobil tersebut diberikan oleh adik Atut, Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan.

Pemberian mobil itu diduga untuk mengamankan proyek-proyek Wawan yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Banten.

Iti menduga mobil itu diberikan kepada anggota DPRD yang terlibat aktif dalam kebijakan pemerintah. "Mungkin itu anggota-anggota DPRD yang memang terlibat dalam kebijakan pemerintah Provinsi Banten," tandasnya.

Dalam perkara kasus dugaan suap penanganan sengketa Pilkada Lebak di MK, Atut dijerat dengan Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Dia diduga turut serta memberikan suap kepada mantan Ketua MK, Akil Mochtar. (gil/jpnn)


JAKARTA -- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Iti  yang tiba sekitar pukul 13.20 WIB diperiksa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News