Dipicu Ulayat, Warga Lubukbulang-Siguntur Bentrok

Dipicu Ulayat, Warga Lubukbulang-Siguntur Bentrok
Dipicu Ulayat, Warga Lubukbulang-Siguntur Bentrok

jpnn.com - DHARMASRAYA - Sekelompok masyarakat di Jorong Lubukbulang, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulaupunjung, terlibat bentrok dengan masyarakat di Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Sabtu (3/5)

Peristiwa yang diduga dipicu masalah tanah ulayat ini nyaris menelan korban jiwa. Belasan orang terpaksa dilarikan ke RSUD Seidareh untuk mendapatkan perawatan karena mengalami luka memar di beberapa bagian tubuh.

Akibat peristiwa ini, satu unit mobil nomor polisi BA 1724 VZ hancur karena menjadi sasaran bentrok.

Perwakilan masyarakat Lubukbulang, Marten Yunus mengatakan, bentrok bermula saat masyarakat Lubukbulang melihat tapal batas ulayat Lubukbulang dengan Siguntur. Sekitar pukul 09.00 pagi, sekitar 25 orang perwakilan Lubukbulang menuju perbatasan tersebut.

Karena medan yang sulit, perjalanan terpaksa dilakukan menggunakan sepeda motor dan sebagian ada yang berjalan kaki. Sedangkan mobil milik salah seorang perwakilan Lubukbulang ditinggal di pinggir jalan.

"Sesampai di tapal batas ulayat tersebut, kami sempat berunding bagaimana menentukan tapal batas tersebut karena lokasinya rimba belantara. Akhirnya dengan kesepakatan penghulu Datuak Rajo, kami memutuskan kembali lagi ke jalan, tempat mobil diparkir," ujar Marten seperti dilansir Padang Ekspres (JPNN Grup), Minggu (4/5).

Ketika sampai di tempat mobil yang diparkir sebelumnya, aku Marten, rombongan masyarakat Lubukbulang sudah dihadang masyarakat Siguntur yang berjumlah hampir 50 orang. Di antaranya ada yang membawa senjata tajam.

"Mereka langsung menyerbu kami. Kami berusaha menyelamatkan diri. Sebagian besar dari kami sempat dihadiahi bogem mentah dan dilarikan ke rumah sakit," tutur Marten.

DHARMASRAYA - Sekelompok masyarakat di Jorong Lubukbulang, Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulaupunjung, terlibat bentrok dengan masyarakat di Nagari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News