Diprediksi Pucak Arus Mudik H-3

Diprediksi Pucak Arus Mudik H-3
Diprediksi Pucak Arus Mudik H-3
PEKANBARU-Tim Koordinasi Angkutan lebaran 2012 Riau memprediskikan khusus angkutan darat pucak arus mudik terjadi pada H-3 atau 16 Agustus. Hal ini terjadi menginggat banyak pemudik yang libur dimulai tanggal 17 Agustus, dan beberapa masyarakat berharap bisa sampai ke lokasi sehari menjelang Idul Fitri 1433 H. Prediksi ini juga diperkirakan karena H-3 tersebut banyak kendaraan pribadi digunakan untuk memepuh jalur darat menuju Sumbar, Jambi maupun Sumatera Utara.

"Dari rapat tim angkutan lebaran 2012, kita memprediksikan puncak arus mudik jalur darat akan terjadi pada 16 Agustus 2012 atau H-3 Idul Fitri. Lebih cepat sehari dibandingkan Idul Fitri tahun lalu dimana puncak arus mudiknya H-2. Mengingat hal tersebut, tim mencoba mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan atau pengawasan daerah-daerah rawan banjir dan longsor," terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Surya Maulana, seperti diberitakan Riau Pos (Grup JPNN).

Sementara itu untuk Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Angkutan Laut dan Udara perkiraan puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau 17 Agustus. Hal tersebut terjadi kerana memang angkutan sudah memiliki jadwal yang tetap dan diantisipasi dengan penambahan seat pada masing-masing pelayanan angkutan. Masalah yang dihadapi saat puncak arus mudik adalah potensi kemacetan dijalan. Diantaranya kemacetan lalu jalan masih terus terjadi karena meningkatkan pengguna jalan.

Beberapa lokasi titik kemacetan seperti di Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu disebabkan banyaknya pasar tumpah/tradisional. Jalur lintas ke Sumatera Barat rawan bencana serta lintas timur menuju arah jambi ada perbaikan/peningkatan struktur jalan menuju duai, tempat pengisian BBM (SPBU) merupakan daerah rawan kemacetan. Selain terjadi akibat lonjakan kendaraan yang mudik, kemacetan tersebut juga terjadi karena masih rendahnya disiplin pengguna jalan dalam berlalu lintas.

PEKANBARU-Tim Koordinasi Angkutan lebaran 2012 Riau memprediskikan khusus angkutan darat pucak arus mudik terjadi pada H-3 atau 16 Agustus. Hal ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News