Macet, Terapkan Traffic Flow Managemen

Macet, Terapkan Traffic Flow Managemen
Macet, Terapkan Traffic Flow Managemen
BREBES - Macet berjam-jam di pintu exit tol Pejagan, Brebes dari arah pintu masuk maupun yang akan keluar hingga 1 - 2 jam sudah menjadi pemandangan biasa saat musim mudik lebaran tiba. Namun, kali ini Satlantas Polres Brebes akan berlakukan pola baru, yang dapat membuat perjalanan para pemudik bida lebih nyaman. Yiatu, kepadatan akan dipindahkan ke dalam Tol.

“Kalau tersumbatnya di exit tol kan nanti pergerakannya akan lama. Kalau penumpukan kendaraan di exit tol, arus dari exit tol hingga ke pertigaan Dermoleng bisa 1 sampai 3 jam. Nanti kita mindahin itu supaya leluasa, yaitu di dalam Tol di perbatasan Brebes Cirebon,” kata Kasatlantas Polres Brebes, AKP Hary Ardiyanto, SIK SH, didampingi Kanit Patroli Iptu M Fadhlan.

Menurutnya, Brebes punya jalan Tol sepanjang 14 km. Pada saat Operasi Ketupat Candi 2012 dilaksanakan, Satlantas Polres Brebes akan mendirikan Pos Traffic Get di dalam Tol tepatnya di perbatasan Brebes – Cirebon. Fungsinya untuk menahan arus kendaraan saat kepadatan mulai tampak di jalur exit tol.

“Jika krodit di exit tol Pejagan, maka kami akan lakukan buka tutup kendaraan. Arus kendaraan ditahan selama antara setengah jam sampai satu jam,” kata Hary. Begitu di exit tol sudah lancar, terang dia, arus akan dibuka dan kemudian kendaraan mudik yang dilepas akan dikawal oleh petugas Satlantas agar arus mengalir stabil. Namun jika arus sangat padat, pintu (Pos Traffic Get) akan  ditutup kembali setengah hingga satu jam.

BREBES - Macet berjam-jam di pintu exit tol Pejagan, Brebes dari arah pintu masuk maupun yang akan keluar hingga 1 - 2 jam sudah menjadi pemandangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News