Direktur LSI Sebut Jokowi Ingin Duetkan Ganjar dan Prabowo

Direktur LSI Sebut Jokowi Ingin Duetkan Ganjar dan Prabowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kabupaten Kebumen, Jateng, Kamis (9/3/2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut ingin menduetkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai Jokowi tengah berupaya untuk menyatukan Gubernur Jawa Tengah dengan Menteri Pertahanan itu.

"Karena posisi Ganjar sudah jelas sebagai capres dan didukung juga oleh Jokowi, maka dukungan Jokowi terhadap Prabowo menurut saya adalah upaya untuk mengajak Prabowo jadi pasangan Ganjar sebagai cawapres," ujar Djayadi saat dihubungi, Minggu (23/4).

Djayadi mengatakan upaya Jokowi untuk menggaet Prabowo sudah terlihat selama lima bulan terakhir.

Jokowi seolah mengendorse Prabowo melalui keakraban keduanya dalam komunikasi yang intens saat pertemuan-pertemuan terakhir.

Sehingga elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu tampak meningkat dalam kurun belakangan.

"Diperkirakan tadinya Prabowo potensial menjadi capres, tetapi kalau melihat situasi sekarang tidak mungkin Jokowi sebagai kader PDI-P dan dia sudah menyatakan dukungan yang tegas soal Ganjar sebagai capres di pengumuman,” kata dia.

Dia mengatakan Presiden Jokowi tidak mungkin mengubah posisinya dari mendukung Ganjar sebagai capres berubah menjadi cawapres.

Pengamat politii menyebut Presiden Joko Widodo tengah berusaha menjodohkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News