Dirikan AKIPBA, MIND ID Diapresiasi

Dirikan AKIPBA, MIND ID Diapresiasi
Grup MIND ID mendirikan Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA). Foto dok MMIND ID

jpnn.com, SUMATERA SELATAN - Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji mengapreasiasi Grup MIND ID, yang mendirikan Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA).

MIND ID melalui anggotanya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), mendirikan AKIPBA yang merupakan perguruan tinggi sebagai bentuk sinergitas dan komitmen Grup MIND ID untuk menyelenggarakan institusi pendidikan pertambangan yang unggul dan berkontribusi secara aktif dalam industri pertambangan nasional.

"Dalam rangka peningkatan akses dan kualitas pendidikan ini sangat baik," ujar Ubaid.

Ubaid berharap, dunia usaha bisa mendukung akses terutama bagi kelompok yang selama ini masih tertinggal, pengembangan kualitas, dan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan.

Menurutnya, penting juga peran industri dalam mengembangkan life long learning di luar pendidikan formal di sekolah.

Misalnya literasi digital, mengembangakan pendidikan berbasis komunitas, pemberdayaan perempuan, dan pendampingan anak-anak korban kekerasan.

Selain itu, memperluas akses dan pemerataan pendidikan tinggi berbasis industri pertambangan bagi masyarakat Indonesia, serta menyiapkan sumber daya manusia berakhlak mulia, terampil di bidang industri pertambangan dan memiliki daya saing di pasar global.

Terdapat 3 program studi (Diploma 1) di AKIPBA, yaitu Teknik Pengoperasian Alat Tambang (T-POT), Teknik Perawatan Alat Tambang (T-PAT), dan Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara (T-PHT).

MIND ID melalui anggotanya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), mendirikan AKIPBA yang merupakan perguruan tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News