Dirjen Dikti Sebut Kampus Makin Produktif Melahirkan Buku-buku Ilmiah di Tengah Pandemi

Dirjen Dikti Sebut Kampus Makin Produktif Melahirkan Buku-buku Ilmiah di Tengah Pandemi
Plt Dirjen Dikti Nizam. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) meluncurkan tiga buku yang berkaitan dengan dunia kampus.

Tiga buku ini merupakan buah karya dari perguruan tinggi yang berjudul Inti Dasar Capaian Pendidikan (IDCP), National Virtual Career Fair 2020 (Seed of Resilience), dan Booklet Pembelajaran Daring.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam mengatakan, peluncuran ketiga buku ini bertujuan menggalakkan penerbitan buku-buku pemikiran dari perguruan tinggi yang bersifat ilmiah populer untuk perguruan tinggi maupun masyarakat luas pemerhati pendidikan tinggi.

“Semasa pandemi ini banyak buku yang lahir dari sejumlah perguruan tinggi. Peluncuran buku ini juga sebagai upaya membangun budaya membaca guna meningkatkan literasi nasional,” kata Nizam, Kamis (10/12). 

Nizam menjelaskan buku IDCP sendiri merupakan buah karya dari Majelis Pendidikan Dewan Pendidikan Tinggi yang berisikan infusi IDCP dalam pembelajaran berbagai mata kuliah di bidang ilmu yang berbeda.

Buku ini diharapkan bisa memberikan gambaran tentang implementasi IDCP dalam berbagai rentang pemikiran. 

IDCP buah pemikiran tentang bagaimana membangun nilai-nilai penting bagi dunia pendidikan tinggi yang harus diwujudkan secara holistik.

Mulai dari kecakapan kompetensi hingga semangat berpikir kritis dan kreatif. Sebab dosen bukan hanya transfer ilmu tetapi juga memperkuat karakter tersebut.

Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam mengungkapkan, pandemi justru membuat perguruan tinggi makin produktif melahirkan buku-buku ilmiah populer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News