Dirut ASDP Ira Puspadewi Sebut Arus Balik Lancar karena Pemudik Patuh Bertiket

Dirut ASDP Ira Puspadewi Sebut Arus Balik Lancar karena Pemudik Patuh Bertiket
Situasi arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni. Foto: Dokumentasi Humas ASDP

jpnn.com, MERAK - Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan arus balik penyeberangan berjalan lancar, karena pemudik mematuhi membeli tiket feri secara mandiri via Ferizy atau ataupun mitra resmi pada periode layanan arus balik angkutan Lebaran 2024.

"Pada periode Hari Lebaran Rabu (10/4) atau H hingga Minggu (14/4) atau H+3, data kami mencatat bahwa hanya terdapat sekitar 1.800 atau 1,8 persen pengguna jasa yang datang ke pelabuhan dengan kondisi tanpa tiket pada hari kedatangan untuk menyeberang," ungkap Ira Puspadewi dalam keterangan resminya, Rabu (17/4).

Menurut Ira, hal ini yang membuat pencapaian positif karena arus balik penyeberangan berjalan lancar dan terkendali.

Artinya, secara data akumulatif, pemudik bertiket yang tiba di pelabuhan Bakauheni saat arus balik mencapai 98,2 persen.

"Bila dibandingkan arus mudik di mana jumlah tidak bertiket mencapai 32 persen atau sekitar 19 ribu kendaraan," terangnya.

Selain itu, lanjut Ira, untuk mendukung kelancaran layanan arus balik Lebaran dari Pulau Sumatra menuju Jawa diperlukan kesadaran kolektif khususnya pengguna jasa pada saat peak season, seperti saat puncak arus mudik maupun balik.

"Pencapaian pada arus balik Lebaran ini luar biasa, di mana sosialisasi kami direspons positif oleh pengguna jasa yang patuh untuk membeli tiket maksimal H-1 keberangkatan dan tiba di pelabuhan sesuai jadwal," jelasnya.

Selain itu, konsistensi penerapan sistem penundaan (delaying system) melalui penyediaan titik zona penyangga (buffer zone) di rest area juga menjadi key success dalam kelancaran arus balik sebagai upaya menyeimbangkan antara kapasitas pelabuhan yang tersedia dengan jumlah kendaraan yang masuk ke dalam pelabuhan.

Dirut ASDP Ira Puspadewi menyebut arus balik penyeberangan berjalan lancar, karena pemudik patuh bertiket saat tiba di pelabuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News