Dirut Pertamina Dicopot

Dirut Pertamina Dicopot
Elia Massa Manik. Foto: Imam Husein/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Elia Massa Manik dicopot dari jabatannya. Hal ini karena Kementerian BUMN telah memutuskan melakukan penyegaran terhadap susunan direksi Pertamina, termasuk Direktur Utama.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN Nomor 039/MBU/02/2018 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan dan Pengalihan Tugas Anggota-anggota Direksi PT Pertamina (Persero), Dewan Komisaris dan Direksi telah melakukan kajian implementasi yang komprehensif dan telah disampaikan kepada Menteri BUMN.

Pencopotan Elia disampaikan oleh Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Harry Fajar Sampurno.

"Sebagai BUMN, tugas Pertamina bukan hanya mencari keuntungan semata namun yang utama menyediakan kebutuhan dan pelayanan masyarakat dari Sabang hingga Merauke secara berkeadilan," kata Harry di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (20/4).

Lalu siapa pengganti Elia?

"Mengingat belum ditunjuknya Direktur Utama definitif, maka pemegang saham memutuskan agar pelaksana Tugas Harian Direktur Utama Pertamina diisi oleh Nicke Widyawati selaku Direktur SDM," jelas dia.

Nicke juga merupakan Ketua Komite dan Implementasi Holding Migas. Tak hanya Elia, Menteri Rini juga memberhentikan empat direksi lainnya.

Berikut keputusan Menteri BUMN terkait dirombaknya direksi Pertamina.(chi/jpnn)

Elia Massa Manik dicopot dari jabatannya sebagai direktur utama Pertamina. Setidaknya ada lima direksi yang dicopot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News