Disebut Nazaruddin, Chandra dan Ade Dicoret Pansel

Disebut Nazaruddin, Chandra dan Ade Dicoret Pansel
Disebut Nazaruddin, Chandra dan Ade Dicoret Pansel
JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan 17 nama yang lolos seleksi kompetensi dan personal. Dari 17 nama yang lolos seleksi tahap kedua itu, tiga nama calon dari KPK yang sempat disebut oleh M Nazaruddin, yakni Chandra Hamzah, Ade Rahardja dan Johan Budi tidak termasuk di dalamnya.

Sekretaris Pansel, Ahmad Ubbe, tak menampik jika disebutnya ketiga nama itu oleh Nazaruddin memang turut mempengaruhi penilaian. "KPK adalah lembaga yang harus dipercaya oleh masyarakat sehingga calon pimpinannya haruslah orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat," kata Ubbe di kantor Kementrian Hukum dan HAM, Kamis (28/7) petang.

Menurutnya, kemampuan menulis saat seleksi komptetnsi saja dianggap belum cukup. "Nilainya tinggi kalau penilaian masyarakat buruk ya tidak lolos," ucapnya.

Sedangkan Wakil Ketua Pansel, MH Ritonga, mengatakan, Pansel sebenarnya langsung melalukan investigasi lapangan sejak 142 nama diumumkan lolos seleksi administrasi pada 24 Juni Investigasi itu akan titingkatkan seiring proses seleksi lanjutan trrhadap 17 nama yang lolos. "Nanti (tes wawancara) akan ada unsur intelijen. Termasuk (investigasi) terhadap lingkungan dan keluarga," ucapnya.

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan 17 nama yang lolos seleksi kompetensi dan personal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News