Disiapkan, Proyek KA Supercepat Jakarta-Bandung-Cirebon

Disiapkan, Proyek KA Supercepat Jakarta-Bandung-Cirebon
Disiapkan, Proyek KA Supercepat Jakarta-Bandung-Cirebon
JAKARTA - Pemerintah akan membangun infrastruktur untuk kereta api supercepat rute Jakarta-Bandung-Cirebon pada bulan Januari ini. Investornya adalah sebuah konsorsium di Amerika Serikat (AS). Investor ini disebutkan akan membangun infrastruktur Hydrogen Hi-Speed Rail Super Highway (H2RSH) atau kereta api supercepat ramah lingkungan di Indonesia, senilai USD 3 miliar (hampir Rp 30 triliun), untuk rute Jakarta-Bandung-Cirebon sepanjang 357 kilometer.

Rencana yang tahapan awalnya akan dimulai pada pertengahan Januari 2010 itu, disambut baik oleh pemerintah sebagai salah satu solusi angkutan massa antar kota. Menanggapi rencana ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Dephub, kontan menyatakan dukungan penuhnya.

"Ditjen KA sangat mendukung rencana tersebut, dengan memfasilitasi investor dalam pelaksanaan feasibility study (studi kelayakan) dan detail engineering design (pembuatan desain detail rancangan), terkait dengan data-data atau informasi yang diperlukan, serta perizinan yang diperlukan di kemudian hari," papar Dirjen Perkeretaapian, Tundjung Inderawan, di Jakarta, Kamis (7/1).

Rencana tersebut dikatakan sejalan pula dengan kebijakan pemerintah saat ini, yaitu untuk lebih meningkatkan investasi swasta khususnya di bidang pembangunan infrastruktur perkeretaapian. "Sebagaimana diatur dalam Undang-undang Pereketaapian No 23 tahun 2007, untuk memberikan kesempatan yang luas bagi swasta, baik nasional maupun asing, serta badan usaha milik daerah dan milik negara, untuk melakukan investasi dalam bidang sarana dan prasarana," papar Tundjung.

JAKARTA - Pemerintah akan membangun infrastruktur untuk kereta api supercepat rute Jakarta-Bandung-Cirebon pada bulan Januari ini. Investornya adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News