Ditanya Daftar 200 Mubalig, Pak Jokowi Hanya Jawab Begini

Ditanya Daftar 200 Mubalig, Pak Jokowi Hanya Jawab Begini
Presiden Jokowi. Foto: Yana Taryana/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama merilis 200 nama mubalig yang dianggap baik dan berkompeten dalam berdakwah hingga kini masih jadi pro dan kontra.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo hanya merespons singkat.

"Hehehe, ditanyakan ke kementerian agama saja," jawab Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi, usai buka bersama di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (23/5).

Sejauh ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin masih kukuh bahwa rilis 200 mubalig itu untuk memenuhi permintaan masyarakat. Jumlahnya pun menurut dia masih akan terus bertambah.

Meski menuai banyak kritik, keputusan Kemenag itu tidak dipersoalkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin menilai pro dan kontra terjadi karena daftar itu dianggap final.

"Karena dianggap hanya 200 padahal penjelasan Kemenag belum lengkap. Akan terus di-update. Kemarin sudah ketemu, bahwa nanti Kemenag akan terus menambah daftar," ucap Kiai Ma'ruf di Kompleks Istana Negara, Jakarta.

Dia bahkan menyebutkan bahwa ke depan MUI akan membuat sertifikasi, dan memberikan sertifikat kepada para mubalig tersebut, tujuannya tentu untuk legitimasi.

"Untuk memberikan perlindungan, memberikan legitimasi bahwa mubalig ini bagus, dan tidak bermasalah," pungkasnya.(fat/jpnn)


Sejauh ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin masih kukuh bahwa rilis 200 mubalig itu untuk memenuhi permintaan masyarakat.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News