Ditanya soal Banjir Jakarta, Bu Mega: Tanya Pak Anies Sana

Ditanya soal Banjir Jakarta, Bu Mega: Tanya Pak Anies Sana
Megawati Soekarnoputri. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, TOKYO - Ketua Umum PDI Perjuangan enggan mengomentari penanganan banjir di DKI Jakarta.

“Tanya Pak Anies (Gubernur DKI Anies Baswedan, red) sana,” ujar Megawati usai menghadiri jamuan makan siang Soka Gakkai International (SGI) di Tokyo, Jepang, Senin (6/1).

Namun, Megawati yang tengah berada di Tokyo dalam rangka menerima gelar doktor kehormatan (Dr HC) itu menegaskan, semestinya pemerintah memahami potensi bencana di ibu kota RI tersebut.

Presiden Kelima RI itu mengaku sudah berkali-kali mengingatkan soal itu. Oleh karena itu Megawati saat memimpin pemerintahan pada periode 2001-2004 menjadikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiaika (BMKG) sebagai institusi tersendiri di bawah presiden. Tujuannya adalah agar Indonesia lebih peduli terhadap potensi bencana.

Megawati lantas mencontohkan Jepang yang warganya selalu waspada dan peduli terhadap bencana yang bisa datang kapan saja. Menurutnya, hal itu penting demi meminalkan potensi korban jiwa.

“Di Jepang anak-anak TK diajari cara kalau ada bencana harus bagaimana. Bagaimana mau menolong orang kalau menolong diri sendiri saja bingung,” ujarnya.

Apakah Megawati ada arahan untuk pemerintah dalam rangka menangani bencana? Putri Proklamator RI itu hanya menjawab singkat.

“Memangnya saya siapa, orang sudah ada pemerintahan,” pungkasnya. (ara/jpnn)

Megawati mencontohkan Jepang yang warganya selalu waspada dan peduli terhadap bencana seperti banjir, yang bisa datang kapan saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News