Ditemukan Boraks pada Jajanan Pasar, Agar Lebih Kenyal

Ditemukan Boraks pada Jajanan Pasar, Agar Lebih Kenyal
Petugas Dinas Kesehatan Kota Kediri dan Loka POM melakukan pemeriksaan sejumlah jajanan pasar di pasar kaget, Jalan Hayam Wuruk, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022). ANTARA/Asmaul

jpnn.com, KEDIRI - Dinas Kesehatan Kota Kediri dan Loka POM melakukan pemeriksaan sejumlah jajanan di pasar kaget dan menemukan satu jajanan yang mengandung boraks saat inspeksi itu.

Jajanan pasar itu sengaja diberi boraks agar lebih kenyal. Sedangkan untuk jajanan pasar lainnya masih aman, tidak ditemukan kandungan bahaya.

Selain jajanan pasar, juga ada beragam lauk dan minuman dan nihil bahan berbahaya.

"Kami ambil dua titik. Di Jalan Hayam Wuruk kami ambil 20 sampel dan setelah kami uji ada satu positif diberi boraks," kata Kepala Loka POM di Kabupaten Kediri Joni Edrus Setiawan, Rabu.

Selain di pasar kaget Jalan Hayam Wuruk, petugas juga melakukan pemeriksaan di pasar kaget yang berlokasi di Taman Sekartaji, Kota Kediri.

Petugas mengambil sampel sebanyak 15, dan semuanya nihil mengandung bahan berbahaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dokter Fauzan Adima mengatakan timnya juga sudah ke lapangan memberikan sosialisasi kepada para pedagang sekaligus investigasi.

"Kami sudah investigasi, kadang pedagang tidak tahu dapatnya dari mana. Kami lakukan pembinaan," kata dia.

Dinas Kesehatan Kota Kediri dan Loka POM melakukan pemeriksaan sejumlah jajanan di pasar kaget dan menemukan satu jajanan yang mengandung boraks.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News