Ditjen Bina Pemdes Minta Tim P3PD Lakukan Evaluasi & Susun Langkah Kerja Pasca-Pelatihan

Ditjen Bina Pemdes Minta Tim P3PD Lakukan Evaluasi & Susun Langkah Kerja Pasca-Pelatihan
Kasubdit Fasilitasi Penataan Wilayah Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Ayu Firman saat rapat pelaksanaan P3PD tingkat provinsi tahap 2 di Kota Denpasar, Bali, Jumat (27/10). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - DENPASAR - Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Pemdes Kemendagri) meminta tim pelaksana Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di provinsi dan kabupaten se-Bali melakukan evaluasi serta menyusun langkah-langkah kerja pasca-pelaksanaan pelatihan.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Fasilitasi Penataan Wilayah Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Ayu Firman saat rapat konsolidasi pelaksanaan P3PD tingkat provinsi tahap 2 di Kota Denpasar, Provinsi Bali, Jumat (27/10).

"Tim pelaksana (P3PD) provinsi dan kabupaten melakuan evaluasi dan menyusun langkah-langkah kerja pasca pelaksanaan pelatihan tatap muka sekaligus memantau secara langsung dampak pelaksanaan pelatihan tersebut terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa," ujar Ayu Firman.

Pada kesempatan yang sama, Ayu mengingkatkan beberapa hal, di antaranya mengenai pentingnya koordinasi antar-pemangku tanggung jawab termasuk tenaga ahli RMC dan tenaga pendamping profesional (TPP) dalam mengawal pelaksanaan kegiatan P3PD di tingkat daerah dan desa.

"Menyiapkan sumber daya manusia dan dukungan teknis pada pelaksanaan peningkatan kapasitas pemerintah desa dan pengurus kelembagaan desa berbasis learning management system (LMS) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024," kata Ayu.

"Bagi lokasi P3PD yang saat ini masih belum terbentuk tim pelaksana P3PD/Sekber, perlu segera membentuk tim pelaksana P3PD provinsi dan kabupaten untuk memudahkan koordinasi pelaksanaan P3PD," kata Ayu.

Ayu juga meminta melakukan persiapan pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) oleh tim pelaksana P3PD provinsi bersama tim pusat untuk lokasi yang belum melaksanakan kegiatan monev serta membahas hasil monitoring dan evaluasi untuk lokasi yang sudah melaksanakan kegiatan monev.

Turut hadir di rapat tersebut, antara lain Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Bali, Bappeda, Inspektorat, hingga perwakilan unsur TNI dan Polri. (sam/jpnn)

Ditjen Bina Pemdes Kemendagri meminta tim pelaksana P3PD di Bali melakukan evaluasi serta menyusun langkah-langkah kerja pasca-pelaksanaan pelatihan.


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News