Ditjen Darat Kemenhub Siapkan Jalur Mudik di Cileunyi

Ditjen Darat Kemenhub Siapkan Jalur Mudik di Cileunyi
Petugas sedang mengatur pembatas jalur contra flow untuk mengurai kemacetan saat arus mudik. Foto Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Perhubungan menggelar rapat koordinasi membahas persiapan Angkutan Lebaran 2020 pada Selasa (10/3).

Rapat yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi ini ingin mengoordinasi dan memastikan kelancaran arus lalu lintas di sepanjang Jalur Cileunyi- Nagreg- Limbangan.

Rapat juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan kabupaten/kota se Jawa Barat, Dirlantas Polda Jawa Barat, dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Jawa Barat.

“Setelah adanya jalan tol layang dan jalan tol Trans Jawa persoalan yang harus kita perhatikan yaitu dari Cileunyi, Nagreg, Limbangan, sampai Garut. Tadinya ini tidak terlalu menjadi perhatian beberapa tahun lalu, tapi sejak adanya penambahan infrastruktur jalan tol sehingga ini menjadi pengamatan kita,” ujar Budi.

Budi menuturkan bahwa pekerjaan konstruksi pada simpang Cileunyi akan dihentikan pada H-10 Lebaran dan akan dibuka seperti semula. Selain itu, Tol Cisumdawu akan difungsionalkan sepanjang 10 km.

“Yang semula masuk lewat Jatinangor dan keluar di Cimalaka, namun tol yang akan difungsionalkan mulai dari Rancakalong hingga Cimalaka. Saya sudah meminta kepada Pak Sigit sebagai Direktur Lalu Lintas Jalan yang baru bahwa persoalan di Limbangan harus kita cermati seperti lokasi hambatan sampingnya di mana,” jelas Budi.

Menurutnya, dari mulai Cileunyi sampai dengan ke Cicalengka kondisi jalan memang tampak sudah cukup lebar, tapi hambatan sampingnya begitu banyak mulai dari mobil parkir, kendaraan lawan arus, atau warung.

Sementara pada pasar Limbangan ada permasalahan hambatan samping seperti angkot akibat tidak optimalnya sub terminal yang terpakai oleh kios dan warung.

Nantinya juga akan disediakan alternatif gate tol yang dapat mengurangi beban lalu lintas di gerbang tol Cileunyi pada Km 148 keluar di Gede Bage dan Km 149 keluar di Gelora Bandung Lautan Api.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News