Ditjen Darat Matangkan Persiapan Angkutan Jelang Nataru

Ditjen Darat Matangkan Persiapan Angkutan Jelang Nataru
Arus lalu lintas di tol fungsional. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perhubungan tengah serius mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan beberapa hal mulai dari infrastruktur, moda transportasi, hingga melakukan rampcheck bagi kendaraan yang akan digunakan selama Angkutan Nataru mendatang.

“Mengenai kesiapan infrastruktur, akan diresmikan jalan tol dari Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Boyolali-Kartosuro, Wilangan- Kertosono. Akan ada 4 ruas jalan tol yang nanti diresmikan Bapak Presiden pada 20,” kata Budi.

Selain itu, pihaknya jug sudah mencoba melewati jalan tol tersebut bersama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, Jasa Marga mulai dari Surabaya hingga Semarang.

“Jalan tol dari Jakarta- Surabaya untuk Angkutan Nataru ini sudah siap untuk dilalui dan dipakai masyarakat selama Angkutan Nataru,” tegasnya. 

Sementara itu menyangkut jalur alternatif, Budi menyebutkan harus ada jalur alternatif ini manakala jalan utamanya mengalami kemacetan atau terkena musibah longsor. 

“Secara umum, kami dengan Korlantas Polri sudah koordinasi, karena nanti dari Korlantas Polri yang akan menempatkan petugas selama operasi ini berjalan,” jelasnya.

Yang tak kalah penting, mengenai moda transportasi, Budi mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan kapal penyeberangan dan bus.

Secara umum, kami dengan Korlantas Polri sudah koordinasi, karena nanti dari Korlantas Polri yang akan menempatkan petugas selama operasi ini berjalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News