Ditjen Hubdat Anggarkan Rp 25 Miliar Bangun Kapal Ro-Ro 150 GT Lintas Meranti-Karang Baru

Ditjen Hubdat Anggarkan Rp 25 Miliar Bangun Kapal Ro-Ro 150 GT Lintas Meranti-Karang Baru
Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Imran Rasyid dalam acara Peletakan Lunas (Keel Laying) Kapal Penyeberangan Roro 150 GT lintas Sri Menanti – Karang Baru di Galangan PT. Mariana Bahagia, Banyuasin, Palembang pada Rabu (18/11) siang. Foto: Humas Kemenhub RI

jpnn.com, PALEMBANG - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menganggarkan Rp 25 milliar guna pembangunan Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 150 GT Lintas Sri Menanti – Karang Baru.

Dana itu diambil dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN), melalui mekanisme kontrak tahun jamak (multiyears contract) dan alokasi waktu 15 bulan dimulai 2020 sampai 2021 mendatang.


Sekretaris Ditjen Hubdar Kemenhub Imran Rasyid menyampaikan itu dalam acara Peletakan Lunas (Keel Laying) Kapal Penyeberangan Ro-Ro 150 GT lintas Sri Menanti – Karang Baru di Galangan PT  Mariana Bahagia, Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (18/11) siang.

“Dengan adanya pembangunan kapal penyeberangan ini diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung yang memberikan aksesibilitas bagi distribusi orang, kendaraan, dan barang di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Banyuasin,” kata Imran.

Dia menjelaskan kapal penyeberangan ini mampu menampung kapasitas 120 penumpang dan delapan ABK.

Adapun spesifikasi kapal ini yaitu panjang keseluruhan 32.745 meter, lebar 10.500 meter, tinggi 3.100 meter dengan kecepatan dinas 9 knot.

Dalam kesempatan itu, Imran turut mengucapkan selamat kepada direksi dan segenap karyawan PT. Mariana Bahagia yang telah mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan satu unit Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 150 GT Lintas Sri Menanti – Karang Baru ini.

Berdasarkan dari laporan KPA, kata Imran,  kontrak untuk Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 150 GT ini akan berakhir pada 13 November 2021 mendatang.

Kapal ini memiliki spesifikasi panjang keseluruhan 32.745 meter, lebar 10.500 meter, tinggi 3.100 meter dengan kecepatan dinas 9 knot. Diyakini memberikan kemudahan distribusi orang, barang, dan kendaraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News