Ditjen Hubdat Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja PPNS

Ditjen Hubdat Gelar Bimtek Peningkatan Kinerja PPNS
Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan menggelar Bimbingan Teknis Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) pada 6-8 Mei 2024 di Bekasi. Foto dok Kemenhub

jpnn.com, BEKASI - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan menggelar Bimbingan Teknis Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Bidang Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) dengan tema ‘Pembinaan PPNS Bidang Transportasi Sungai, Danau Dan Penyeberangan Dalam Mewujudkan Penegakan Hukum Yang Berkualitas’ pada 6-8 Mei 2024 di Bekasi.

"PPNS bidang transportasi sungai danau dan penyeberangan mempunyai fungsi utama dalam sektor perhubungan yaitu penegakan hukum untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi sungai, danau dan penyeberangan," ungkap Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan, Lilik Handoyo dalam sambutannya.

Hal tersebut menurut Lilik, menunjukkan bahwa PPNS bidang transportasi sungai danau dan penyeberangan sangat penting dalam menjaga operasional yang tertib hukum dan menciptakan pelayaran yang berlandaskan keselamatan dan keamanan.

“Melalui bimtek ini, para PPNS bidang LLASDP diharapkan dapat melaksanakan penegakan hukum kepada para operator kapal sungai, danau dan penyeberangan agar terciptanya patuh hukum dengan berlandaskan amanat Undang-Undang Pelayaran,” ujar Lilik.

Adapun Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS merupakan penyidik yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil untuk melakukan penyidikan tindak pidana tertentu. Biasanya tindak pidana tersebut bukan tindak pidana umum yang biasa ditangani oleh penyidik kepolisian.

Kegiatan bimbingan teknis peningkatan kinerja PPNS bidang LLASDP diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PPNS di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat khususnya Balai Pengelola Transportasi darat (BPTD) selaku fungi pelaksana teknis di lapangan sehingga  mampu melakukan penegakan hukum dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai, danau dan penyeberangan.

"Kegiatan bimtek kali ini diikuti oleh kurang lebih 40 peserta yang berasal dari Balai Pengelola Transportasi Darat seluruh Indonesia dan KSOPP Danau Toba. Materi yang akan diberikan selama 3 hari ke depan cukup beragam," seru Kepala Subdirektorat Pengawasan Operasional Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Capt. Bintang Novi.

Turut hadir dalam kegiatan ini KORWAS PPNS Bareskrim, Kepala BPTD Kelas II Sumatera Utara, Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Utara, serta Kepala KSOPP Danau Toba, Perwakilan Dinas Perhubungan Kota Bekasi, serta Perwakilan Direktorat KPLP Ditjen Perhubungan Laut.(chi/jpnn)

Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM untuk mewujudkan angkutan penyebrangan.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News