Ditjen Kebudayaan Berpartisipasi dalam Promosi Budaya Kopi Indonesia di Museum Nasional Qatar

Ditjen Kebudayaan Berpartisipasi dalam Promosi Budaya Kopi Indonesia di Museum Nasional Qatar
Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek turut berpartisipasi dalam pameran ajang Qatar-Indonesia Years of Culture 2023. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, QATAR - Museum Nasional Qatar menjadi tuan rumah pameran besar Tahun Kebudayaan yang mengeksplorasi sejarah kopi dari Indonesia hingga Qatar.

Kegiatan pameran tersebut bertempat di The National Museum of Qatar dan dibuka hingga 17 Februari 2024.

Pameran itu diselenggarakan bekerja sama dengan Museum Nasional Indonesia untuk menandai ajang Qatar-Indonesia Years of Culture 2023 atau untuk memperingati Tahun Kebudayaan Qatar, dengan menggandeng Indoneia sebagai negara mitra.

Direktur National Museum of Qatar, Sheikh Abdulaziz Al Thani mengatakan pameran tersebut untuk memperluas tradisi bersama antara Indonesia dan Qatar dalam hal keramahtamahan, dialog, dan kreativitas yang didorong oleh kegiatan menyeduh, menyajikan, dan berbagi kopi.

"Kegiatan pameran merupakan bukti kekuatan narasi bersama dalam menumbuhkan pemahaman dan kolaborasi. Ini tonggak sejarah bagi Qatar-Indonesia,"  ujar Sheikh Abdulaziz Al Thani.

Dalam kegiatan pameran itu juga menampilkan seluk-beluk kopi lainnya, mulai dari sejarah penanaman kopi, perdagangan, dan budaya minum kopi di seluruh dunia, dengan fokus khusus pada budaya kopi tradisional dan kontemporer di Qatar dan Indonesia.

Pameran itu juga mengeksplorasi berbagai topik, mulai dari perkebunan berkelanjutan hingga pembangunan sosial dan budaya.

Melalui program 'Menanam Kopi, Menikmati Qahwa, hingga mencakup tradisi keramahtamahan, dialog, dan kreativitas bersama yang didorong oleh ritual menyeduh, menyajikan, dan berbagi kopi.

Budaya kopi Indonesia dipromosikan dalam pameran ajang Qatar-Indonesia Years of Culture 2023 atau untuk memperingati Tahun Kebudayaan Qatar,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News