Ditunjuk Jadi Ketua Penasihat DMDI, Sultan Bertekad Kembalikan Era Kejayaan Melayu

Ditunjuk Jadi Ketua Penasihat DMDI, Sultan Bertekad Kembalikan Era Kejayaan Melayu
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin ditunjuk oleh anggota dan presidium Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) menjadi ketua penasihat organisasi masyarakat rumpun Melayu pada prosesi Pengukuhan DMDI Indonesia oleh YMT Datuk Setia Negara” TUN Sri DR Ali Rustam sebagai Ketua Presiden DMDI sekaligus Yang Dipertuan Sultan Malaka atau Gubernur Negara Bagian Malaka di Malaka, Malaysia pada Kamis, 8 Juni 2023. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin ditunjuk oleh anggota dan presidium Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) menjadi ketua penasihat organisasi masyarakat rumpun Melayu.

Penunjukan tersebut dilakukan pada prosesi Pengukuhan DMDI Indonesia oleh YMT Datuk Setia Negara” TUN Sri DR Ali Rustam sebagai Ketua Presiden DMDI sekaligus Yang Dipertuan Sultan Malaka atau Gubernur Negara Bagian Malaka di Malaka, Malaysia pada Kamis, 8 Juni 2023.

"Kami tentu merasa sangat terhormat telah dipercaya menjadi Ketua Dewan Penasihat DMDI Indonesia. DMDI menjadi simbol bagi eksistensi rumpun Melayu yang kini tersebar di beberapa negara di Kawasan," kata Sultan yang juga mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

Sultan mengajak semua presidium dan pengurus DMDI Indonesia untuk hadir dan aktif memberikan kontribusi gagasan juga berpartisipasi aktif di era ketidakpastian global saat ini.

Menurut Sultan, kejayaan Melayu yang hebat dahulu harus dikembalikan ke depan agar mampu memberi warna untuk dunia.

“Saat ini, peta geopolitik seolah kembali dibawa mundur ke abad pertengahan. Hegemoni Barat sedang mengalami masa kegelapan. Namun, apakah kita mampu mengulangi sejarah keemasan peradaban Islam dan Timur saat itu,” tanya Sultan.

Menurut Sultan, gejala krisis global yang ditandai dengan eskalasi konflik di Eropa yang berdampak pada ketidakpastian ekonomi global saat ini membutuhkan perhatian dan kajian serius DMDI.

Fenomena geopolitik ini harus dimanfaatkan oleh DMDI untuk mengembalikan peran sentral peradaban Melayu yang identik dengan Islam di kawasan.

Sultan B Najamudin ditunjuk oleh anggota dan presidium Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) menjadi ketua penasihat organisasi masyarakat rumpun Melayu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News