Diusahakan, 2012 Bantuan ke SMA Rp120 Ribu per Siswa

Diusahakan, 2012 Bantuan ke SMA Rp120 Ribu per Siswa
Diusahakan, 2012 Bantuan ke SMA Rp120 Ribu per Siswa
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) tengah berusaha untuk memperbesar besaran dana Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemdiknas, Hamid Muhammad mengatakan, saat ini besaran nilai BOMM sebesar Rp 60 ribu per anak per tahun. Padahal nilai besaran minimal BOMM adalah Rp 120 ribu anak per tahun.

“Pada awalnya, kami memang mengusulkan agar besaran BOMM itu Rp 120 ribu per anak per tahun. Namun berdasarkan hasil keputusan rapat dengan DPR, maka dipotong hingga separuh, menjadi Rp 60 per anak per tahun,” ungkap Hamid di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Jumat (5/8).

Saat ini, lanjut Hamid, pihaknya terus melakukan pengkajian ulang mengenai perhitungan besaran BOMM untuk tahun 2012 mendatang. “Kami masih terus mengkaji. Minimal bisa mencapai  Rp 120 ribu per anak per tahun. Atau bahkan, harapan saya minimal sama dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP yang sebesar Rp 540 ribu per anak per tahun, dan SD sebesar Rp 400 ribu per anak per tahun,” jelasnya.

Mantan Dirjen Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal, Dan Informal (PAUDNI) ini menjelaskan, konsep BOMM ini bisa dikatakan sama dengan BOS, namun lebih fokus pada peningkatan mutu. Selain itu, saat ini ada sebanyak  1,5 juta anak dari 3,7 anak  lulusan SMP yang tidak tertampung di SMA/SMK.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) tengah berusaha untuk memperbesar besaran dana Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News