Diwarnai Cuitan Andi Arief, Ganjar Pranowo jadi Ketum Kagama Hingga 2024

Diwarnai Cuitan Andi Arief, Ganjar Pranowo jadi Ketum Kagama Hingga 2024
Ganjar Pranowo (kedua kiri) terpilih menjadi Ketum Kagama periode 2019-2024. Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terpilih sebagai Ketum Kagama (Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) periode 2019-2024.

Proses pemilihan ketum ini berlangsung singkat, pada Musyawarah Nasional Kagama XIII di Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Jumat (15/11) malam.

Pemilihan diawali keputusan sidang komisi menetapkan tiga calon ketua umum yakni Budi Karya Sumadi, Ganjar Pranowo, dan Anwar Sanusi.

Setelah tiga nama tersebut diajukan oleh peserta sidang, keputusan diberikan kepada para kandidat untuk bermusyawarah menentukan sosok ketua umum.

"Kita (Kagama, red) mentradisikan saja agar musyawarah mufakat bisa dilakukan dan ternyata bisa, maka sebenarnya proses demokrasinya sudah kita berikan pada peserta Munas dan ternyata lebih banyak yang menginginkan saya, tapi juga ada yang lain," kata Ganjar.

Proses musyawarah antara ketiganya berlangsung sangat singkat, di mana satu per satu kandidat oleh pimpinan sidang dipersilakan naik ke panggung.

Begitu Ganjar naik ke panggung menyusul Budi Karya Sumadi dan Anwar Sanusi yang keduanya langsung bersepakat mempercayakan kembali kepemimpinan Kagama kepada Gubernur Jawa Tengah itu.

"Maka cara kami menyelesaikan tidak dengan voting, tapi kita obrolkan di depan. Hanya sekitar 27 detik tadi. Ketika saya naik tangga panggung pada bilang sudah Mas Ganjar saja dan sepakat, selesai," ujarnya.

Sempat diwarnai cuitan Andi Arief yang menghendagri figur lain, Ganjar Pranowo terpilih lagi menjadi ketum Kagama periode 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News