Diwarnai Penalti Gagal dari Lawan, Timnas U-23 Indonesia Bantai Timor Leste 4-1

Diwarnai Penalti Gagal dari Lawan, Timnas U-23 Indonesia Bantai Timor Leste 4-1
Timnas U-23 saat uji coba di Korsel. Irfan Jaya (depan dua dari kiri) jadi pemain senior yang kena coret. Foto: PSSI

jpnn.com, HANOI - Timnas U-23 Indonesia nenggilas Timor Leste 4-1 pada lanjutan Grup A cabor sepak bola SEA Games 2012. Pertandingan berlangsung di Stadion Viet Tri, Vietnam, Selasa (10/5) malam. Ada satu penalti dari pemain Timor Leste yang gagal menjadi gol.

Performa Garuda Muda jauh dari kata memuaskan terutama di awal-awal babak. Pasalnya, lawan bisa menekan Indonesia terlebih dahulu.

Baru dua menit pertandingan berjalan, Timor Leste sudah diuntungkan dengan penalti. Saat itu, Marc Klok kurang cermat dalam menguasai bola sehingga bisa direbut lewan.

Saat Klok berusaha merebutnya kembali, gelandang Persib Bandung itu malah membuat pelanggaran di kotak terlarang. Akibatnya, wasit langsung menunjuk titik puti. Beruntung, eksekusi Mauzinho bisa digagalkan Ernando Ari.

Secara strategi, Timor Leste benar-benar tahu sosok Ilham Rio Fahmi jadi titik lemah. Pasukan Fabio Magrao kerap membangun serangan dari posisi yang ditempati full back Persija Jakarta tersebut.

Beruntung, penyelesaian akhir pemain Timor Leste tidak begitu baik. Indonesia akhirnya memecah kebuntuan lewat gol Egy Maulana Vikri pada menit 15'.

Berawal dari umpan Syahrian Abimanyu ke kotak penalti, bola disundul Rizky Ridho yang mengarahkannya ke mulut gawang Timor Leste. Egy yang yang berdiri bebas tanpa ampun mengonversinya menjadi gol.

Setelah gol itu, peluang sejatinya banyak didapatkan oleh Indonesia. Namun, buruknya penyelesaian akhir ditambah bagusnya performa kipper Timor Leste membuat skor 1-0 keunggulan Indonesia tidak berubah hingga turun minum.

Timnas U-23 Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste. Penampilan Garuda Muda masih menjadi sorotan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News