Djarot Ajak Warga DKI Lakukan Gerakan Tampung Air

Djarot Ajak Warga DKI Lakukan Gerakan Tampung Air
Djarot Ajak Warga DKI Lakukan Gerakan Tampung Air

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengajak warga ibu kota untuk melakukan gerakan menampung air. Tujuannya adalah ketika memasuki musim kemarau maka Jakarta tidak mengalami kekeringan air karena sudah ada cadangan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, cara menampung air itu adalah dengan membuat sumur resapan dan lubang biopori sebagai tempat penampungan air. "Kita harus membuat bumi kita minum air," katanya di Balai Kota, Jakarta, Rabu (8/7).

Djarot menyebut Jakarta masih kekurangan sumur resapan. Padahal, katanya, sumur resapan tidak hanya mencegah terjadinya banjir di wilayah Jakarta, tetapi juga bisa membuat pasokan air bertambah banyak.

"Jadi air hujan tidak langsung dibuang ke laut atau mengalir ke kampung-kampung yang mengakibatkan banjir. Tapi bisa ditampung di sumur resapan," ujar mantan Wali Kota Blitar ini.

Karena itu Djarot berharap Dinas Tata Air DKI, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, serta Dinas Perindustrian dan Energi DKI bisa melakukan pembuatan sumur resapan di seluruh wilayah DKI.  "Kami harus tentukan titik-titik mana yang akan dibuat sumur resapan," tandas Djarot.

Seperti diketahui, Dinas Perindustrian dan Energi DKI berencana membuat sumur resapan di 3.620 titik dengan anggaran Rp 100 miliar di enam wilayah ibu kota. Tujuannya untuk menambah air bersih dan memperlambat penurunan permukaan tanah.(gil/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengajak warga ibu kota untuk melakukan gerakan menampung air. Tujuannya adalah ketika memasuki musim


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News