Djarot Minta LAPAN Ikut Pikirkan Solusi Kemacetan di DKI

Djarot Minta LAPAN Ikut Pikirkan Solusi Kemacetan di DKI
Pelaksana tugas Gubernur DKI Djarot S Hidayat. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk memberikan gambaran dan data mengenai arus keluar masuk kendaraan dari dan ke Jakarta. 

"Termasuk, memberi data untuk merancang sistem transportasi dan mengintegrasikan moda transportasi. Ini yang penting," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Rabu (31/5). 

Mantan Wali Kota Blitar itu menyatakan, DKI saat ini mengembangkan transportasi publik. Mulai dari  kereta api, mass rapid transit (MRT), light rapid transit (‎LRT), dan bus rapid transit (BRT).

"Ini nanti akan terintegrasi," ujar Djarot.

‎Dengan bantuan dari LAPAN, sambung Djarot, maka sistem transportasi di DKI akan makin terintegrasi. Pasalnya, ada gambaran data keluar masuk kendaraan.

"Termasuk, pemanfaatan pelabuhan dan kendaraan-kendaraan besar. Dengan cara seperti itu, kami memantapkan sistem transportasi terintegrasi,"‎ ucap Djarot. 

Selain itu Djarot juga mengatakan, LAPAN akan memantau potensi sumber daya alam dan lingkungan Jakarta dari udara. Dia mencontohkan, dari hasil pantauan LAPAN akan bisa diketahui mengenai jumlah ruang terbuka hijau di Jakarta. 

"Kemudian, tentang potensi pencemaran bisa diketahui melalui satelit. Termasuk, kebakaran di mana," ungkap Djarot. (gil/jpnn) 


Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk memberikan gambaran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News