DKPP Nyatakan Komisioner KIP Gayo Lues tak Salah

DKPP Nyatakan Komisioner KIP Gayo Lues tak Salah
DKPP Nyatakan Komisioner KIP Gayo Lues tak Salah

jpnn.com - JAKARTA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merehabilitasi nama baik seluruh anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues, Provinsi Aceh.

Rehabilitasi dilakukan setelah DKPP menolak seluruh dalil pengaduan yang diajukan oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Kabupaten Gayo Lues yang menuding Komisioner KIP Gayo Lues telah melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

“Merehabilitasi nama baik Teradu I, Teradu II, Teradu III,  Teradu IV, dan Teradu V selaku Ketua dan Anggota KIP Kabupaten Gayo Lues atas nama Sdr. Alfin Anhar, Ridwansyah, Sdri. Sri Yani S, Sdr. Said Abdullah, dan Sdr. Abdullah S terhitung sejak dibacakannya putusan ini,” demikian bunyi amar putusan DKPP seperti dibacakan anggota majelis sidang Anna Erliyana, di ruang sidang DKPP, Jakarta, Kamis (20/2).

Dalam sidang pemeriksaan sebelumnya terungkap, setidaknya ada dua pokok pengaduan yang disampaikan. Pertama, para Teradu dari KIP Gayo Lues dianggap telah melanggar kode etik penyelenggara Pemilu karena telah meloloskan salah satu calon Anggota Legislatif DPRD Gayo Lues atas nama Abdussalam dalam daftar calon tetap (DCT).

Pengadu menuding perbuatan tersebut melanggar kode etik penyelenggara pemilu karena Abdussalam masih aktif sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Pengadu sebagai Panwaslu sebenarnya telah merekomendasikan agar mencoret Abdussalam, akan tetapi tidak dipenuhi oleh Teradu.

Dalam dalilnya, pengadu juga menganggap para teradu telah membuat keterangan palsu dengan mencantumkan nama Ketua Panwaslu Gayo Lues dalam berita acara rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Padahal, Ketua Panwaslu Gayo Lues tidak pernah hadir dalam rapat tersebut.

Terhadap pengaduan pertama, para teradu tetap berkeyakinan bahwa keputusan meloloskan Abdussalam dalam DCT adalah benar dan sah. Para teradu berpedoman pada Surat Edaran KPU No.315/Kpu/V/tanggal 06 Mei 2013 yang menyatakan jika surat keputusan pemberhentian belum diterbitkan, maka dapat diganti dengan surat keterangan dari Pimpinan Instansi/Pimpinan Dewan/Sekretaris Dewan, bahwa pemberhentian yang bersangkutan sedang dalam proses.

Abdussalam sebagai PNS sudah menyerahkan Surat Keterangan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Gayo Lues. Di mana di dalamnya menyatakan berkas pengunduran diri yang bersangkutan sedang dalam proses.

JAKARTA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merehabilitasi nama baik seluruh anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News