Seminar Kesehatan Smandel 1982

Dokter Berlian Idris: Jantung Penyebab Kematian Terbesar, tetapi Gejalanya Bisa Dikenali

Dokter Berlian Idris: Jantung Penyebab Kematian Terbesar, tetapi Gejalanya Bisa Dikenali
Ahli jantung, dokter Berlian Idris saat seminar kesehatan yang diselenggarakan Alumni SMAN 8 tahun 1982 bertema “Kiat Hidup Sehat di Usia Emas” Drs. Suradi, M.Si pada Sabtu (12/08/2023). Foto: Humas Smandel

jpnn.com, JAKARTA - Ahli jantung, dokter Berlian Idris menegaskan secara global, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJP) adalah penyebab kematian terbesar.

Oleh karena itu, gejala penyakit ini harus dikenali secara dini dan bila terdeteksi pada diri kita harus segera memeriksa ke dokter sebelum terkena serangan atau bahkan henti jantung yang mematikan.

“Tahun 2016, 17,9 juta kematian karena PJP, 31 persen dari total kematian global 85 persen dari kematian ini karena serangan jantung danstroke. Sample Registration System Indonesia 2014: penyakit jantung coroner (PJK) penyebab kematian kedua setelah stroke, 12,9 persen dari seluruh kematian,” kata dokter Berlian Idris yang berpraktik di RS Medika BSD & EMC Alam Sutra, Tangsel ini.

Dokter Berlian Idris: Jantung Penyebab Kematian Terbesar, tetapi Gejalanya Bisa Dikenali

Dokter Berlian Idris. Foto: Dok. Humas Smandel

Seminar kesehatan yang diselenggarakan Alumni SMAN 8 tahun 1982 bertema “Kiat Hidup Sehat di Usia Emas” Drs. Suradi, M.Si pada Sabtu (12/08/2023).

Seminar kesehatan yang diselenggarakan di kediaman CEO Detik.com, Abdul Aziz di Depok ini didukung keluarga besar Alumni Smandel, Detik.com, Biofarma, Wardah-Kahf, dan Dettol.

Seminar dalam rangka menuju Reuni Akbar ke-65 tahun SMAN 8 Jakarta itu dilakukan secara hybrid dengan menghadirkan narasumber Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta dr. Ngabila Salama MKM, dokter ahli jantung  Berlian Indris, dan Dewan Penasihat Dokter Alumni Smandel (DAS) yang sehari-hari berpraktik di RS Tugu Ibu, Cimanggis, Depok dr. Setia Pribadi, M.Si.

Ahli jantung, dokter Berlian Idris menegaskan secara global, penyakit jantung dan pembuluh darah (PJP) adalah penyebab kematian terbesar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News