Dokter Hewan Dipecat karena Ungkap Kondisi Ternak di Kapal

Dokter Hewan Dipecat karena Ungkap Kondisi Ternak di Kapal
Ilustrasi dokter. Foto: Pixabay

Pemerintah Federal memecat seorang dokter hewan ternama setelah dia mengungkapkan bukti kekejaman dan kondisi menyedihkan di kapal ekspor tenak hidup Australia menurut dokumen yang didapatkan ABC.

Dr Lynn Simpson merupakan salah satu dokter hewan paling berpengalaman di Australia dan amat terkenal di kalangan dokter hewan untuk ternak hidup yang akan dieksport ketika dia dipekerjakan oleh Departemen Pertanian pada 2012 untuk merespon laporan program Four Courner ABC mengenai kekejaman terhadap ternak hidup ekspor Australia.

Sebagai penasehat teknis untuk Cabang Kesejahteraan Hewan, diundang untuk memasukan laporan ke steering komite pemerintah yang tengah mengkaji ulang standar eksport ternak hidup Australia.

Laporan Dr Simpson, yang dimasukan pada November 2012, dimaksudkan bersifat rahasia. Laporan itu berisi gambar-gambar bukti kekejaman hewan yang dia saksikan ketika bekerja di kapal pengangkut ternak hidup ekspor Australia.

Laporan ini menunjukan gambar binatang yang menderita, yang dalam beberapa kasus tercekik diantara kandang yang berjejalan atau tenggelam didalam tinja.

Dr Simpson menjelaskan secara rinci bagaimana ternak-ternak hidup ini dipaksa untuk berdiri di lantai kapal yang keras selama berminggu-minggu yang menghasilkan luka mengerikan di bagian kaki yang sering menuntun ternak terpaksa dimatikan (euthanasia).
Dia juga mengangkat isu keprihatinan mengenai hewan ternak yang sakit yang sudah jelas tidak akan mampu bertahan hidup dalam perjalanan yang sering tetap dimasukan ke dalam kapal karena proses inspeksi yang buruk.

Dr Simpson mengatakan kepada ABC kalau dirinya berusaha sejujur mungkin mengenai kondisi yang dia saksikan selama 11 tahun terlibat dalam urusan ekspor ternak hidup.

"Gambar-gambar yang Saya tunjukan merupakan hal-hal yang Saya akan selalu saksikan dalam perjalanan kapal pengangkut ternak sapi hidup ekspor Australia," katanya.

Pemerintah Federal memecat seorang dokter hewan ternama setelah dia mengungkapkan bukti kekejaman dan kondisi menyedihkan di kapal ekspor tenak hidup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News