Dokter Penyakit Paru Tutup Praktik karena Tak Ada Pasien

Dokter Penyakit Paru Tutup Praktik karena Tak Ada Pasien
TEMPAT KHUSUS: Tempat merokok disediakan khusus di depan rumah di kompleks Rumah Pangan Lestari, Pasar Usang, Kota Padang Panjang.

jpnn.com - MEMASUKI kawasan Padang Panjang, mata akan langsung dimanjakan oleh keindahan alam. Suasana sejuk semakin menambah rasa betah untuk berlama-lama berada di kota terkecil di Sumatera Barat itu. Bukan hanya karena berada di daerah perbukitan, suasana sejuk tersebut muncul lantaran tak ada asap rokok yang diembuskan sembarangan.

Kota Padang Panjang bukan kota tanpa rokok. Tapi, kota tersebut telah berhasil membentuk warganya untuk taat tidak merokok di sembarang tempat. Pemerintah, melalui Peraturan Daerah (Perda) No 8 Tahun 2009, telah membagi kawasan mana saja yang menjadi kawasan tanpa asap rokok dan kawasan tertib rokok.

Misalnya, ketika Jawa Pos menjejakkan kaki di kompleks Rumah Pangan Lestari RT 11, Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang, Rabu siang (21/5). Pemandangan tak biasa akan langsung disuguhkan.

Hampir di setiap rumah ada stiker berukuran besar yang bertulisan ”Kawasan Dilarang Merokok”. Bukan hanya itu. Di samping stiker tersebut ditempel pula stiker bertulisan ”Rumah Tangga Sehat”. ”Indikator Perilaku Hidup Bersih Sehat” pun dipasang hampir di setiap gang-gang kecil.

Stiker larangan tersebut bukan hanya hiasan dinding di rumah warga. Stiker tersebut menandakan bahwa warga dilarang merokok di area itu. Sang empunya rumah pun tidak diperbolehkan untuk mengisap rokok di rumah mereka sendiri.

Meski demikian, pemerintah daerah tidak serta-merta mengebiri hak warganya untuk merokok. Pemerintah tetap menyediakan area merokok bagi mereka. Kawasan itu biasa disebut kawasan tertib rokok.

Kawasan tersebut biasanya hanya terdapat di kawasan wisata, pasar, restoran, rumah makan, terminal, kantor pemerintah, kantor swasta, serta pabrik dan industri lainnya. Itu pun, perokok tetap tidak bisa merokok di sembarang tempat. Ada pos-pos tersendiri yang disiapkan untuk smoking area.

Di RT 11 itu ada dua rumah yang dijadikan base camp untuk merokok. Salah satu base camp ditempatkan persis di dekat pintu masuk kompleks. Hal tersebut bertujuan memudahkan para tamu jika ingin merokok.

MEMASUKI kawasan Padang Panjang, mata akan langsung dimanjakan oleh keindahan alam. Suasana sejuk semakin menambah rasa betah untuk berlama-lama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News