Teras LPPM ATVI Spesial Ramadan:

Dokter Setia Berbagi Tips Menjaga Kebiasaan Sehat Selama & Sesudah Puasa Ramadan

Dokter Setia Berbagi Tips Menjaga Kebiasaan Sehat Selama & Sesudah Puasa Ramadan
Kepala Instalasi Rawat Inap RS Tugu Ibu, Depok, dr. Setia Pribadi dalam acara Bincang Teras LPPM ATVI Spesial Ramadan bertema ‘Tetap Jaga Kebiasaan Sehat Usai Lebaran’ yang ditayangkan via Channel Youtube Teras LPPM ATVI, Kamis malam (21/4/2022). Foto: Tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Instalasi Rawat Inap RS Tugu Ibu, Depok, dr. Setia Pribadi berbagi cara atau tips untuk tetap menjaga kebiasaan sehat selama dan sesudah puasa Ramadan.

Menurut dokter Setia, puasa Ramadan adalah suatu peristiwa keagamaan yang dilakukan oleh umat Islam untuk mengubah kebiasaan atau perilakunya sehari-hari selama sebulan (29-30 hari) penuh. 

Perilaku tersebut meliputi makan, minum, tidur, olahraga, dan ritual ibadah.

“Kalau di luar bulan puasa Ramadan dilakukan pada pagi, siang dan sore hari diubah menjadi malam hari,” kata dr. Setia Pribadi dalam acara Bincang Teras LPPM ATVI Spesial Ramadan bertema ‘Tetap Jaga Kebiasaan Sehat Usai Lebaran’ yang ditayangkan via Channel Youtube Teras LPPM ATVI, Kamis malam (21/4/2022).

Acara yang dipandu dosen Akademi Televisi Indonesia (ATVI) drs. Dian tersebut terselenggara atas kerja sama LPPM ATVI, Mastepedia.com, Taman Bacaan Masyarakat Bukit Duri Bercerita, dan didukung dua penerbit, Prenada Jakarta dan Mata Padi Yogya.

Menurut dokter Setia Pribadi, akibat perubahan perilaku atau kebiasaan tersebut, tentu dapat juga mengakibatkan perubahan dalam mekanisme tubuh manusia secara fisiologis baik fisik maupun mental.

Dia berharap selama 30 hari melakukan puasa akan terjadi keseimbangan (homeostasis) baru.

Contoh Homeostasis, lanjut dokter yang akrab disapa Acing adalah ketika kita tidak melakukan sarapan, akan terjadi penurunan kadar gula dalam darah. Atau ketika kita melakukan olahraga berat akan mengakibatkan suhu tubuh meningkat dan tubuh mengeluarkan keringat.

Kepala Instalasi Rawat Inap RS Tugu Ibu, Depok, dr. Setia Pribadi berbagi tips atau cara tetap menjaga kebiasaan sehat selama dan sesudah puasa Ramadan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News