Dokter Tirta Berbagi Tips Menyembuhkan Anosmia Covid-19

Dokter Tirta Berbagi Tips Menyembuhkan Anosmia Covid-19
Dokter sekaligus relawan COVID-19 di Tanah Air dr Tirta Mandira Hudhi. (ANTARA/ (Muhammad Zulfikar)

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Tirta Mandira Hudhi membagikan cara menyembuhkan anosmia, yang merupakan salah satu gejala seseorang terpapar Covid-19.

Anosmia atau kehilangan indra penciuman terkadang tidak kunjung pulih meskipun penderita sudah tak merasakan demam ataupun batuk usai menjalani isolasi lebih dari 10 hari.

"Cara menyembuhkan anosmia secara logis adalah kita menambahkan banyak zat-zat pembangun tubuh. Apa saja zat pembangun sel tubuh, yaitu protein. Nutrisi yang mencukupi itu akan membuat protein kita cukup," ujar Tirta dalam diskusi yang digelar secara daring, Sabtu (17/7). 

Penderita Covid-19 juga harus memenuhi kebutuhan vitamin di dalam tubuh. 

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, sukarelawan dan penggiat media sosial yang fokus dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 itu mengatakan kebutuhan vitamin tidak hanya dipenuhi dari suplemen tetapi juga bisa dari buah-buahan dan sayur.

Satu hal lainnya yang juga harus dilakukan untuk menyembuhkan anosmia adalah dengan beristirahat total.

"Kenapa sih anosmia itu tidak sembuh-sembuh? Karena banyak orang itu ngomongnya isoman (isolasi mandiri), tetapi dia masih aktif, masih mengerjakan sesuatu, masih nongkrong garap kerjaan. Itu  akan menghalang-halangi energi kita untuk penyembuhan," kata Tirta.

Dia mengatakan antibodi manusia menghabiskan energi yang besar saat sedang melawan penyakit di dalam tubuh. 

Dokter Tirta mengungkap cara menyembuhkan anosmia, salah satu gejala seseorang terpapar Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News