JPNN.com

Doktor Soekarwo Tidak Tertandingi, Tepuk Tangan!

Kamis, 26 April 2018 – 07:59 WIB Doktor Soekarwo Tidak Tertandingi, Tepuk Tangan! - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja Pemprov Jawa Timur di bawah kepemimpinan Soekarwo mendapat nilai terbaik secara nasional tujuh kali berturut-turut, berdasarkan Sistem Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD). Evaluasi itu melibatkan 20 instansi termasuk lembaga independen dengan sekitar 700 item penilaian.

Penghargaan bagi pemerintah terbaik diserahkan dalam malam apresiasi untuk perayaan Hari Otonomi Daerah ke XXII di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (25/4).

Dirjen Otonomi Daerah Soemarsono mengatakan, ada tiga provinsi yang dinobatkan sebagai pemerintah dengan kinerja tertinggi. Yaitu, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Untuk kabupaten, ada 10 daerah yang mendapat penghargaan kinerja terbaik.

Diantaranya, Kabupaten Sidoarjo, Tulungagung, Karanganyar, Banyuwangi, dan Kabupaten Malang. Pemerintah kota dengan kinerja terbaik juga ada 10. Diantaranya, Kota Malang, Makassar, Surabaya, Blitar, dan Gorontalo.

"Nama Doktor Soekarwo tidak tertandingi di tingkat nasional," terang Soni, sapaan Soemarsono. Namun, dia menyayangkan penghargaan yang diraih Pemprov Jatim tidak diikuti kabupaten/kota di wilayah tersebut. Sebab, banyak daerah yang tersandung kasus korupsi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, bagi daerah yang meraih kinerja terbaik harus tetap hati-hati dengan area rawan korupsi. Diantaranya pengadaan, retribusi, pajak, dan perizinan. "KPK selalu mengawasi, " terang dia usai acara penghargaan.

Menurut dia, penghargaan yang diraih Jawa Timur harus menjadi pendorong dan contoh bagi daerah lain. Banyak daerah yang berupaya maju. Dulu, kata dia, di Jatim, hanya Surabaya yang maju, sekarang ada Banyuwangi, Tulungagung, dan daerah lainnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menuturkan penghargaan itu untuk menilai Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Mulai dari jenis urusan wajib pemerintah daerah dan pilihan diteliti secara komprehensif.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...